33.1 C
Palembang
Sunday, 24 March 2024
spot_img
NewsBisnisKadin Dorong Pemkab Muara Enim Garap Hilirisasi Karet

Kadin Dorong Pemkab Muara Enim Garap Hilirisasi Karet

Baca juga

RD Sukmana
RD Sukmanahttps://pojoksumsel.com
RD Sukmana merupakan wartawan senior yang lebih suka menyebut dirinya seniman kata-kata daripada wartawan, karena baginya wartawan memiliki filosofi yang sangat luhur.

MUARA ENIM,POJOKSUMSEL – Pengurus Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Muara Enim pertama kali melaksanakan audiensi dengan PLH bupati H Nasrun Umar (HNU) dalam rangka sinergitas dengan pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi daerah.

Pertemuan berlangsung di Ruang Rapat Bupati, Rabu (3/3) itu dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan H Riswandar SH MH, Kepala Dinas Perdagangan Syarpuddin, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Surdin, Kepala Dinas Perkim Ahmad Yani, Kepala Dinas Kominfo Ardian Arifnaldi.Selasa (3/3/2021)

Ketua Kadin Muara Enim, Iwan Kurniawan SH MH mengatakan, kehadiran Kamar Dagang dan Industri di Kabupaten Muara Enim ini untuk bersinergi dengan Pemkab Muara Enim dalam rangka berkontribusi dalam pemilihan ekonomi dampak Pandemi covid-19.

Lanjut Iwan, pengurus Kadin Muara Enim baru saja melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Musi Banyu Asin (Muba) dalam rangka belajar hilirisasi komiditas karet menjadi produk aspal bernilai jual tinggi. Nah, dari situ Kadin Muara Enim ingin mendorong Pemkab Muara Enim bisa mengembangkan hilirisasi karet di Bumi Serasan Sekundang.

“Sumber Daya Alam potensial di Kabupaten Muara Enim ini ada tiga, selain Batubara, ada Karet dan Sawit. Nah komoditas Karet dikita cukup besar mencapai 148.377 hektar. Sudah saatnya kita membuat produk hilirisasi untuk melindungi petani karet di Kabupaten Muara Enim. Salah satunya membangun pabrik aspal karet disini,”ucap Iwan pada saat paparan.

Menurutnya, di Kabupaten Muba bisa berhasil karena mendapat dukungan pemerintah daerah. Kadin Muara Enim juga berharap, pemkab Muara Enim bisa mendukung, serta memfasilitasinya. Siapapun nantinya yang akan mengelola bisa melalui koperasi, KUD, maupun lembaga lain yang profesional.

“Bahan baku untuk membuat aspal karet bisa di dapat dari petani kita sendiri. Jadwal petani tidak lagi menunggu seminggu sekali untuk menjual, petani bisa jual karet setiap hari Dengan harga yang stabil. Sehingga petani karet lebih sejahtera,”imbuhnya.

Sementara itu, PLH bupati H Nasrun Umar (HNU) berharap Kadin Muara Enim bisa menjadi penggerak roda perekonomian daerah melalui kegiatan UMKM semua sektor yang ada. Dia berharap Kadin dapat ikut mensejahterakan masyarakat di Kabupaten Muara Enim.

“Kalau kita melihat potensi karet yang ada sudah sewajarnya membuat hilirisasi karet, karena komoditas itu menjadi primadona. Mari kita bekerjasama untuk menjadikan karet ini sebagai sektor dapat segera menunjang pertumbuhan ekonomi daerah Dari segi sumber daya alam kita tidak kalah dengan daerah lain. Muba bisa Muara Enim juga bisa,”ungkap Nasrun.(AH)

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Artikel Terbaru