22.9 C
Palembang
Sunday, 8 September 2024
spot_img
spot_img
INFO COVID-19ODGJ Ikut Vaksin Covid-19 di Puskesmas Tanjung Enim

ODGJ Ikut Vaksin Covid-19 di Puskesmas Tanjung Enim

Baca juga

RD Sukmana
RD Sukmanahttps://pojoksumsel.com
RD Sukmana merupakan wartawan senior yang lebih suka menyebut dirinya seniman kata-kata daripada wartawan, karena baginya wartawan memiliki filosofi yang sangat luhur.

MUARA ENIM, POJOKSUMSEL – Tidak hanya diikuti masyarakat umum, kegiatan Vaksin Covid-19 massal di Kecamatan Lawang Kidul juga diikuti Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Tercatat yang sudah mengikuti vaksin di Puskesmas Tanjung Enim ada sekitar 31 orang hingga Rabu (16/6/2021). Kegiatan suntik Vaksin Covid-19 yang dilaksanakan sejak awal pekan, Senin hingga Rabu kemarin sudah 700 sasaran, selanjutnya kegiatan akan tetap dilaksanakan sesuai dengan petunjuk dari Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim.

Kepala Puskesmas Tanjung Enim, Ahmad Ghani SKM didampingi dokter fungsional, dr Hj Siti Maisaroh mengatakan, kegiatan suntik vaksin sejak 3 hari kemarin sudah 700 sasaran masyarakat di Kecamatan Lawang Kidul. Kata dia, itu sudah termasuk warga dengan kebutuhan khusus dan gangguan jiwa.

“Selain masyarakat umum, ada juga warga Disabilitas dan ODGJ ikut vaksin Covid-19,”ungkap Ghani, Rabu (16/6/2021).

Ghani menjelaskan, kegiatan vaksin massaal ini diperuntukan bagi semua lapisan masyarkat, termasuk penyandang disabilitas, hingga Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Dimana, semua masyarakat penyandang gangguan jiwa tersebut merupakan pasien yang secara rutin mendapatkan perawatan kesehatan dari Puskesmas Tanjung Enim. Sehingga dalam pelaksanaan suntik vaksin tidak mengalami kendala, karena sudah terbiasa dengan perlakuan perawat. Selain itu, para penyandang orang dengan gangguan jiwa tersebut selalu mendapat pendampingan saat mengikuti kegiatan vaksin, mulai dari di hadirkan, mengisi data, cek kesehatan, hingga suntik vaksin.

“Ada ODGJ yang nurut untuk suntik vaksin, ada juga yang menolak, tetapi setelah di bujuk dengan duit akhirnya dia mau suntik mvaksin. Pada dasarnya mereka itu adalah para pasien yang rutin mendapatkan perawatan oleh Puskesmas Tanjung Enim,”terang Ghani lagi.(res)

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru