26.1 C
Palembang
Sunday, 9 June 2024
spot_img
spot_img
INFO COVID-19Ajak Berkebun, Budidayakan Buah Strewbery di Halaman Sekolah

Ajak Berkebun, Budidayakan Buah Strewbery di Halaman Sekolah

Baca juga

MUARA ENIM,POJOKSUMSEL – Jika selama ini halaman sekolah hanya di tanami dengan tanaman hias, maka kepala SMP Negeri SMP Negeri 3 Kecamatan Semendo Darat Ulu (SDU) Kabupaten Muara Enim mengajak siswanya berkebun menanam buah Strewbery dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada di sekolah yang berada di Desa Segamit itu.

Rahmamita SPd, Kepala SMPN 3 Semendo Darat Ulu mengatakan, lingkungan sekolah dimana letaknya di pengunungan Semendo ini sangat cocok bertanam buah Strewbery, selain itu pula ini dikembangkan oleh masyarakat sekitar rata-rata petani buah Strewberi. Disamping itu, siswa SMPN 3 SDU juga berkebun sayuran memanfaatkan halaman kosong dibelakang sekolah.

“Saya baru menjadi Kepala Sekolah di sini, dan berpikir, potensi apa yang bisa di kebangkan di sekolah ini. Saya melihat, Desa Segamit ini penghasil buah Strewbery yang sudah di kenal sampai ke luar daerah. Makanya saya ajak anak-anak. Khususnya siswa OSIS untuk berkebun strewbery,”ungkap Rahmamita, Minggu (3/10/2021).

Untuk berkebun, pihaknya memilih dengan media pot plastik ukuran sedang yang diletakkan di atas papan bambu berundak dan di cat warna-warni sehingga menambah keindahan lingkungan sekolah. Kemudian tanaman itu dirawat sehari-hari oleh para siswa dengan pengawasan guru sekolah. Rahmamita menerangkan, diharapkan dengan cara-cara sederhana seperti itu, siswa tertarik melakukan sendiri penanaman buah strewbery disekolah maupun di rumah masing-masing sebagai bagian dari kegiatan berkebun. Kegiatan itu pula dalam rangka menciptakan sekolah sehat berwawasan lingkungan.

“Kami ingin mengajak masyarakat, utamanya siswa SMPN 3 Kecamatan SDU untuk mulai menyenangi berkebun. Menjaga kelestarian sekaligus mengenal budidaya tanaman Strewbery melalui sistem pot ini,”imbuhnya.(res)

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru