30.1 C
Palembang
Friday, 14 June 2024
spot_img
spot_img
SUMSELMuara EnimPengurus Dekranasda Muara Enim Resmi Dilantik

Pengurus Dekranasda Muara Enim Resmi Dilantik

Baca juga

MUARA ENIM, POJOKSUMSEL – Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim H Nasrun Umar (HNU) menyaksikan secara langsung pelantikan Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Muara Enim, yang dilakukan secara resmi oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Muara Enim Hj Renny Devi Nasrun Umar yang berlangsung di Balai Agung Serasan Sekundang, Muara Enim, kemarin Senin (1/11/2021).

HNU
HNU

Sebelum pelantikan, orang nomor satu di bumi Serasan Sekundang tersebut meninjau langsung kerajinan dari berbagai UMKM di Kabupaten Muara Enim. Pelantikan pengurus Dekranasda tersebut juga dihadiri Kapolres AKBP Dany Sianipar, Dandim Letkol Erwin Irwari, Kepala PN Alvin Andrian SH MH, Wakil Ketua DPRD Hadiono, Ketua Komisi IV DPRD Kasman MA, para ketua organisasi wanita, kepala OPD, para camat dan tamu undangan lainnya.

H Renny Nasrun Umar
H Renny Nasrun Umar

“Selamat atas telah dilantik dan dikukuhkan pengurus Dekranasda Kabupaten Muara Enim Tahun 2021, khususnya kepada Ibu Hj Renny Devi Nasrun Umar yang dipercaya sebagai ketua,” ucap Pj Bupati Nasrun Umar saat menyampaikan sambutan.

“Saya berharap semoga kedepan pengurus Dekranasda bisa membantu para pengrajin dan UMKM lokal untuk maju dan tumbuh. Sehingga mampu meningkatkan perekonomian daerah dapat terwujud,” terang HNU, yang juga selaku Ketua Pembina Dekranasda Kabupaten Muara Enim.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan bahwa Dekranasda Kabupaten Muara Enim memiliki tugas besar dalam menggali, melestarikan, membina dan mendorong potensi seni kriya, wastra atau kerajinan lainnya, termasuk kuliner daerah di Kabupaten Muara Enim. Agar mampu berdaya saing sehingga pada akhirnya memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah yang bermuara pada kesejahteraan rakyat.

Pj Bupati Muara Enim H Nasrun Umar dan Hj Renny Nasrun Umar Meninjau UMKM Binaan Dekranasda
Pj Bupati Muara Enim H Nasrun Umar dan Hj Renny Nasrun Umar Meninjau UMKM Binaan Dekranasda

Sambung HNU, sebagai mitra strategis pemerintah dalam pembangunan, saya mengajak Dekranasda Kabupaten Muara Enim untuk menyelaraskan program kerjanya sesuai visi-misi dan program pembangunan Kabupaten Muara Enim melalui perumusan Dekranasda Kabupaten Muara Enim dengan memaksimalkan potensi kerajinan daerah, termasuk menjalin kerja sama dengan semua pihak. “Sehingga harapan saya akan peran Dekranasda dalam pembangunan di Bumi Serasan Sekundang dapat benar-benar terwujud,” kata Pj Bupati.

Tak hanya itu, Pj Bupati juga berpesan kepada para aparatur perangkat daerah yang turut serta menjadi pengurus Dekranasda. agar dapat menyinergikan kegiatan maupun program kerjanya dengan mengakomodir dan memfasilitasi program kerja yang ada di Dekranasda Kabupaten Muara Enim sesuai tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

Tak lupa, diakhir sambutannya, Pj Bupati meminta Dinas Perdagangan selaku leading sektor gerai pusat Oleh-oleh Kabupaten Muara Enim dapat bekerjasama memberikan ruang dan peran kepada Dekranasda Kabupaten Muara Enim untuk turut memaksimalkan keberadaan gerai pusat Oleh-oleh Kabupaten Muara Enim. Sebagai sentra promosi kerajinan daerah dengan memamerkan produk kerajinan dan oleh-oleh dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Muara Enim. “Mengingat gerai tersebut akan diresmikan pada peringatan HUT Kabupaten Muara Enim pada 20 November mendatang,” terang Pj Bupati.

Dalam acara tersebut, Ketua Dekranasda Kabupaten Muara Enim, Hj Reny Devi Nasrun Umar berharap keberadaan Dekranasda Kabupaten Muara Enim dapat membantu secara optimal kerja Pemkab Muara Enim dalam membina dan memberdayakan masyarakat khususnya para pengrajin, para pelaku UMKM dan IKM. Sehingga dapat menjadikan wastra dan kriya di Kabupaten Muara Enim menjadi salah satu solusi dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat.

“Mari kita bekerjasama dalam menjalankan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan target-target yang jelas. Sehingga harapan kita menjadikan Dekranasda Kabupaten Muara Enim sebagai salah satu solusi Pemkab Muara Enim dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat dapat terwujud,” ajak Hj Reny Devi.(rel)

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru