25.1 C
Palembang
Thursday, 25 July 2024
spot_img
spot_img
UMKMPemanfaatan Limbah Perusahaan Menjadi Pewarna Batik

Pemanfaatan Limbah Perusahaan Menjadi Pewarna Batik

Baca juga

Muara Enim, Pojoksumsel.com – Dalam rangka peningkatan kualitas dan nilai jual produk batik asli Kabupaten Muara Enim, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim berinovasi dengan pemanfaatan bahan pewarnaan alami yang berasal dari bekas limbah perusahaan.

Menurut Asisten II Pemkab Muara Enim, Riswandar, SH, MH, saat memimpin rapat terkait, Senin (21/03), di Ruang Asisten II Pemkab Muara Enim, kiranya masing – masing perusahaan yang diundang bisa mengejawantahkan. Karena, dengan pemanfaatan bahan – bahan dari limbah perusahaan diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya pelaku UMKM di bidang batik.

“Kami harapkan ada dukungan dari perusahaan di Muara Enim dengan mendukung keberadaan limbah untuk dijadikan bahan pewarna alami batik,” ungkapnya.

Ditambahkan Kepala Bagian Ekonomi dan Sumber Daya Alam Pemkab Muara Enim Ir. Tri Hadi Pranyoto, meminta agar perusahaan diharapkan bisa memenuhi keperluan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Muara Enim yakni Badan Penelitian Pengembangan dan Inovasi Daerah, Dinas Perdagangan, dan Dinas Koperasi dan UMKM untuk ketersediaan bahan alami dari limbah perusahaan yang tidak berbahaya yang nantinya akan diuji di lab Balai Batik dan Balai Kulit di Yogyakarta.

“Bila nanti sampel usai diuji lab bisa dijadikan bahan pewarna tentunya dapat meningkatkan produksi batik dari memanfaatkan limbah beberapa perusahaan,” ujarnya.

Sementara itu Perwakilan PT Bukit Asam Tbk, PT Musi Hutan Persada, dan PT TeL menyatakan siap mendukung program batik pewarnaan alami ini dengan menyiapkan sampel dari limbah perusahaan seperti fly ash, fly coal, daun, ranting, dan cabang yang termasuk limbah perusahaan guna peningkatan kualitas batik asli Kabupaten Muara Enim.
Turut hadir pada kesempatan Perwakilan OPD Pemkab Muara Enim terkait. (ah/*)

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru