32.1 C
Palembang
Saturday, 8 June 2024
spot_img
spot_img
NewsNasionalIDI: Bukan Orang Sehat Pakai Masker Tapi yang Sakit

IDI: Bukan Orang Sehat Pakai Masker Tapi yang Sakit

Baca juga

RD Sukmana
RD Sukmanahttps://pojoksumsel.com
RD Sukmana merupakan wartawan senior yang lebih suka menyebut dirinya seniman kata-kata daripada wartawan, karena baginya wartawan memiliki filosofi yang sangat luhur.

PojokSumsel.com – Satgas Waspada dan Siaga NcoV PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr Erlina Burhan, menyatakan pemakaian masker sebenarnya bukan untuk orang sehat, tetapi bagi mereka yang sakit. Ia meluruskan mengenai kondisi saat ini dimana banyak masyarakat panik akibat pemberitaan mengenai virus corona. Sehingga memborong masker untuk antisipasi mewabahnya virus tersebut yang sudah masuk ke Indonesia.

“Bukan orang sehat pakai masker tapi yang sakit. Ini mis informasi hingga orang sehat memborong masker,” ujar Erlina dalam acara Indonesia Lawyers Club di tvOne pada Selasa, 3 Maret 2020 malam.

Dengan diborongnya masker, ia mengakui bahwa rumah sakit atau petugas medis kesusahan mendapatkan masker. Padahal, kata dia, justru petugas kesehatan yang harusnya membekali diri dengan masker lantaran berpotensi terpapar virus corona.

Beli Masker Anti Virus Corona
Ilustrasi: Warga Sedang Membeli Masker.

“Yang panik harusnya petugas kesehatan karena kami berpotensi terpapar. Jadi jangan terlalu panik,” ujarnya.

Ia pun tak mempermasalahkan orang sehat menggunakan masker. Namun penggunaan masker dilakukan saat berada di tempat keramaian yang banyak warga lainnya.

“Orang sehat kapan pakai masker itu saat berada di kerumunan tapi kalau di tempat sepi berlebihan pakai masker,” ujarnya.

Ia juga menambahkan dua orang yang sudah dinyatakan terkena virus corona tak perlu panik. Sebab, saat ini keduanya sudah diisolasi di ruangan negatif virus. (viva)

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru