24.1 C
Palembang
Wednesday, 29 June 2022
spot_img
SUMSELMuara EnimKampung Tertib Lalu Lintas Pertama di Lawang Kidul

Kampung Tertib Lalu Lintas Pertama di Lawang Kidul

Baca juga

RD Sukmana
RD Sukmanahttps://pojoksumsel.com
RD Sukmana merupakan wartawan senior yang lebih suka menyebut dirinya seniman kata-kata daripada wartawan, karena baginya wartawan memiliki filosofi yang sangat luhur.

PojokSumsel.com Di Muara Enim, Kawasan Tertib Lalu Lintas selalu ada di setiap sudut kota kabupaten ini. Tapi Kampung Tertib Lalu Lintas? Nah, tak lama lagi Muara Enim akan kembali memiliki Kampung Tertib Lalu Lintas. Dimanakah itu?

Belum lama ini telah dilakukan pencanangan program Kampung Tertib Lalu Lintas yang merupakan kolaborasi Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Muara Enim, Dinas Perhubungan Muara Enim, Dinas Kesehatan Muara Enim, Dinas Satuan Polisi Praja Muara Enim dan PT Bukit Asam Tbk. (PTBA), pada Selasa 17 Mei 2022.

Kepala Satlantas Polres Muara Enim AKP Indrowono mengatakan, Kampung Tertib Lalu Lintas bertujuan agar masyarakat di lokasi tersebut bisa menjadi percontohan, di mana lalu lintas bisa berjalan sesuai keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran.

Adapun bentuk kegiatan program ini, antara lain memdirikan pos untuk petugas di titik-titik tertentu dalam area Kampung Tertib Lalu Lintas, juga dibuat taman lalu lintas. “Untuk diketahui, program ini dari Polda Sumsel yang di 17 kabupaten kota di Sumsel hanya ada satu kawasan Kampung Tertib Lalu Lintas yang menjadi percontohan,” ujar Indrowono.

Ia menjelaskan, Polres Muara Enim mengajak instansi lain karena ada tugas pokok lain yang memang harus dilaksanakan instansi terkait, yakni bukan hanya tertib lalu lintas tetapi juga mengatasi kenakalan remaja.

“Harapan kami ke depan ketika kawasan kampung tertib lalu lintas ini sudah berjalan dengan baik akan menjadi percontohan yang baik dikampung yang lain, khususnya di Kecamatan Lawang Kidul. Kemudian nantinya bila sudah baik akan menjadi percontohan untuk masyarakat lain,” imbuhnya.

Rencana akan adanya Kampung Tertib Lalu Lintas itu mendapat sambutan baik dari PTBA. Mewakili subsidiary MIND ID di bidang pertambangan batu bara ini, Asisten Manajer Humas PTBA Sugandhi Syarif mengatakan, Perseroan mengapresiasi dan menyambut baik inisiatif dari Satlantas Polres Muara Enim untuk mendirikan Kampung Tertib Lalu Lintas.

Ia mengatakan, dengan adanya program ini diharapkan menjadi awal baik masyarakat untuk lebih bijak dan lebih tertib dalam berlalu lintas di jalanan dan dapat membantu mengurangi angka kenakalan remaja. “Semoga program ini bermanfaat bagi masyarakat Lawang Kidul khususnya dan Kabupaten Muara Enim umumnya,” tutup Sugandhi.

Lantas dimanakah Kampung Tertib Lalu Lintas pertama di Lawang Kidul ini? Penasaran ya? Okelah! Ini dia lokasinya, di RT 7 Dusun 3 Desa Keban Agung, Kecamatan Lawang Kidul.

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Artikel Terbaru