28.1 C
Palembang
Friday, 18 October 2024
spot_img
spot_img
INFO COVID-19Mencari Peluang Ditengah Pandemi, Warga Muara Enim Buka Usaha Agrowisata Buah Anggur

Mencari Peluang Ditengah Pandemi, Warga Muara Enim Buka Usaha Agrowisata Buah Anggur

Baca juga

RD Sukmana
RD Sukmanahttps://pojoksumsel.com
RD Sukmana merupakan wartawan senior yang lebih suka menyebut dirinya seniman kata-kata daripada wartawan, karena baginya wartawan memiliki filosofi yang sangat luhur.

MUARA ENIM,POJOKSUMSEL – Cari Peluang Ekonomi Kreatif Ditengah Pandemi Covid-19, Novi Nindy (35) warga Jalan Bemban Kelurahan Muara Enim menciptakan agrowisata buah anggur Bima Zacky di kediamannya depan Gedung Pertemuan PDKT Kecamatan Muara Enim. Menurut pengelola, agrowisata Anggur ini baru pertama ada di Kabupaten Muara Enim, bisa menjadi tempat wisata dan edukasi.

Novi Nindy saat dijumpai, Kamis (3/6) mengatakan, usaha itu berawal dari hobi bertani yang di lakoni bersama suami di sela-sela kesibukan sehari-hari. Di awal tahun 2019 mulai dari pengolahan lahan seluas 456 meter persegi untuk kebun sayur, dikembangkan lagi di awal tahun 2020 menjadi kebun anggur.

Kunjungan Dinas Paeiwisata Ekonomi Kreatif Kb Muara Enim ke Agrowisata Anggur Bima Zacky Muara Enim
Kunjungan Dinas Paeiwisata Ekonomi Kreatif Kb Muara Enim ke Agrowisata Anggur Bima Zacky Muara Enim

“Sekarang sudah bisa panen, namun masih terbatas. Sekarang ini kami lebih fokus menjual bibit anggur merah, hijau dan anggur hitam,”ungkap Novi.

Dikatakan Novi, Agrowisata Anggur Bima Zacky ini memang belum di lounching, namun sudah banyak di kunjungi warga. Hal itu membuat penjualan bibit anggur meningkat drastis sejak beberapa pekan ini. Selain itu, ada kunjungan pula dari kelompok tani yang ingin belajar budidaya buah anggur. Serta kemarin mendapat kunjungan serta dukungan dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Muara Enim.

“Tentu kami sangat senang sekali mendapat dukungan dari pemerintah daerah melalui instansi terkait, atas motivasi, dan ilmu yang sudah di berikan kepada kami. Tentunya kami punya harapan, agrowisata ini bisa maju kedepan. Kami masih mempunyai keterbatasan dana untuk memajukan menjadi lokasi wisata yang menarik,”ungkap Novi lagi.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Muara Enim, Isdrin ST sangat mendukung banyak tumbuh sektor usaha ekonomi kreatif di Kabupaten Muara Enim saat ini. Antara lain, sektor wisata, UMKM, dan Agrowisata yang digerakkan dengan semangat masyarakat sendiri ingin bangkit dari Pandemi Covid-19.

“Saya yakin dengan banyak tumbuhnya ekonomi kreatif di Kabupaten Muara Enim. Maka saya optimis kita bisa menghadapi Pandemi Covid-19,”kata Isdrin.(res)

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru