32.1 C
Palembang
Thursday, 24 October 2024
spot_img
spot_img
NewsBisnisKADIN Muara Enim Gandeng Disnaker Tingkatkan Kompetensi Tenaga Kerja Daerah

KADIN Muara Enim Gandeng Disnaker Tingkatkan Kompetensi Tenaga Kerja Daerah

Baca juga

MUARA ENIM,POJOKSUMSEL – Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Muara Enim melakukan pertemuan audiensi dengan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), Rabu (9/6/2021). Dalam rangka menjalin kerjasama dalam peningkatan kompetensi tenaga kerja daerah unggul, berdaya saing.

Ketua Kadin Muara Enim, Iwan Kurniawan SH MH, didampingi Ismal Medy SH Wakil Direktur Bidang Perindustrian, Billy Wakil Ketua Bidang Kontruksi, di sambut oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja, Hj Siti Herwati SH, melalui Kepala UPT BLK Zulkhri Imansyah AMd di ruang kerjanya.

Menurut Ismail Medy, butuh penyelarasan dengan pelaku industri untuk peningkatkan daya saing kompetisi tenaga kerja melalui program pelatihan terpadu. Dimana, kemudian peningkatan ini bisa dilakukan melalui kegiatan pemagangan dan sertifikasi. Kadin Muara Enim siap memfasilitasinya, dan untuk itu meminta dukungan dinas tenaga kerja Kabupaten Muara Enim.

“Kami (Kadin) ingin meningkatkan sinergitas dengan Pemkab Muara Enim melalui Dinas Tenaga Kerja. Melalui program pemagangan dan sertifikasi. Sehingga kita bisa memenuhi kebutuhan tenaga kerja di industri yang ada di Kabupaten Muara Enim. Karena salah satu syarat selain kompeten di bidangnya, yang dibutuhkan yakni sertifikat. Kadin siap memfasilitasi Disnaker dengan pelaku industri yang ada, khususnya di sektor tambang,”ungkap Medy.

Ditambahkan Billy selaku wakil Bidang Kontruksi Kadin Muara Enim mengatakan, ruang lingkup kerjasama yang akan di bangun dengan Disnaker Muara Enim yakni pengembangan pelatihan terpadu yang di fasilitasi oleh Dinas Tenaga Kerja. Kemudian Kadin bekerjasama dengan dunia industri yang ada di daerah untuk membantu tenaga kerja dari perusahaan mendapatkan ketrampilan tambahan, serta pengakuan kompetensi melalui sertifikasi.

“Karena menurut peraturan dari pemrintah, bahwa tenaga kerja skill selain berkompeten, harus memiliki sertifikat. Disina Kadin Muara Enim akan menjembataninya,”imbuh Billy.

Sementara itu, Kepala UPT BLK Muara Enim, Zulkhri Imansyah AMd menyambut baik tawaran kerjasama yang akan dibangun antara Kadin dan BLK untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) daerah bidang kompetensi tenaga kerja. Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Muara Enim sudah memiliki sarana maupun SDM yang cakap dan sudah bekerjasama dengan Badan Nasional Sertifikat Profesi (BNSP). Kompetensi yang sudah ada antara lain, bengkel las, bengkel sepeda motor, menjahit, dan komputer. Nanti juga akan dikembangkan lagi bidang kelistrikan dan UMKM.

“Kami siap, dan mendukung program dari Kadin Muara Enim, karena memang sejalan dengan program di BLK. Saya harapkan ini nantinya bisa menjadi kesempatan bagi perusahaan untuk meningkatkan lagi kompetensi tenaga kerja yang dimiliki sehingga mendapatkan sertifikat,”kata Maman.(res)

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru