26.1 C
Palembang
Saturday, 20 April 2024
spot_img
spot_img
INFO COVID-19Sukseskan Pendataan Keluarga 2021

Sukseskan Pendataan Keluarga 2021

Baca juga

RD Sukmana
RD Sukmanahttps://pojoksumsel.com
RD Sukmana merupakan wartawan senior yang lebih suka menyebut dirinya seniman kata-kata daripada wartawan, karena baginya wartawan memiliki filosofi yang sangat luhur.

MUARA ENIM,POJOKSUMSEL – Pemerintah Kabupaten Muara Enim sukseskan pendataan keluarga 2021 yang dilaksanakan secara serentak di seluruh indonesia dan terintegrasi data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS). Kegiatan sendiri akan dilaksanakan 1 april sampai dengan 31 Mei 2021. 

Dalam rapat koordinasi lintas sektor tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB), H Rinaldo Sstp Msi, Asisten III, Maryana, serta para camat dan OPD terkait. 

Kepala Dinas PPKB Muara Enim, H Rinaldo mengatakan pendataan kependudukan dilakukan secara nasional yang mana nantinya akan digunakan salah satunya untuk pembangunan kesehatan di kabupaten Muara Enim. 

“Metode pengumpulan data dilakukan dari rumah ke rumah dimana dengan menggunakan 60 persen smartphone dan 40 persen formulir untuk mengantisipasi daerah yang tidak memiliki sinyal,” ujarnya. 

Lanjutnya, sasaran pendataan di tahun 2021 di kabupaten muara enim seluruh keluarga sebanyak 175.853 yang terdapat di 22 kecamatan 256 desa 977 dusun dan 2.594 RT.

“Seluruh perangkat daerah, instansi vertikal, TNI/Polri, Camat, Lurah, Kades dan organisasi kemasyarakatan yang ada di kabupaten Muara Enim untuk dapat mensukseskan pendataan keluarga tahun 2021,” harapnya. 

Oleh sebab itu, peran semua pihak sangat dibutuhkan terutama sosialisasi, jangan sampai ketika petugas datang justru diusir oleh warga karena kesalahpahaman. 

“Untuk petugas, ada manager pengelolaan data kecamatan sebanyak 22 orang, manager tingkat  kecamatan 22 orang, supervisor tingkat desa 256 orang dan kader pendata 951 orang,” bebernya. 

Asisten III Pemkab Muara Enim, Maryana mengatakan pendataan harus betul betul sesuai dengan yang ada di lapangan, bukan hanya sekedar diatas kertas belaka. “Jadi jangan asal tembak saja tapi benar benar real, karena data ini akan menjadi bahan menentukan arah pembangunan,” ungkapnya. 

Dirinya pun mengajak agar semua pihak membantu dalam mensukseslan pendataan penduduk 2021 yang merupakan pemutakhiran data setiap lima tahun ini. “Peran masyarakat juga diharapkan agar pendataan ini berjalan sebagaimana yang direncanakan,” tukasnya.(red)

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru