29.1 C
Palembang
Sunday, 23 June 2024
spot_img
spot_img
SUMSELMuara EnimSMK Bukit Asam Borong 4 Medali Lomba Inovasi IPTEK Antar Pelajar

SMK Bukit Asam Borong 4 Medali Lomba Inovasi IPTEK Antar Pelajar

Baca juga

MUARA ENIM, POJOKSUMSEL – Pandemi Covid-19 tidak menjadi alasan siswa SMK Bukit Asam meraih prestasi, siswa sekolah binaan Bukit Asam Foundation (BAF) tersebut berhasil memborong 4 piala sekaligus pada lomba Bukit Asam Inovasi Award (BAIA) 2021 kategori kelompok pelajar yang sudah diumumkan akhir pekan kemarin, Jumat (26/3/2021) secara daring. Antara lain Juara 2 Inovasi Parabola Mini, Juara 3 Mesin Potong Rumput, Harapan 1 Pengelolaan Air Asam, dan Harapan 3 Inovasi Helm Pintar.

Hal itu di sampaikan Kepala SMK Bukit Asam, Evi Komalasari SSos kepada media ini, Senin (29/3/2021). Kata Evi, bahwa prestasi yang diraih ini memberikan motivasi bagi siswa yang terlibat, maupun siswa lain untuk lebih semangat lagi menemukan hal baru teknologi tepat guna yang bermanfaat untuk masyarakat sekitar.

“Alhamdulilah SMK BA mendapatkan 4 juara sekaligus kategori Ilmu Pengetahuan teknik, yang sudah diumumkan secara virtual hari Jumat kemarin,”kata Evi Komalasari.

Siswa SMKBA membuat inovasi parabola mini dari bekas kipas angin
Siswa SMKBA membuat inovasi parabola mini dari bekas kipas angin

Dijelaskan, masing-masing inovasi tersebut mempunyai fungsi yang tepat guna membantu meningkatkan produktivitas masyarakat. Antara lain, para bola mini yang terbuat dari barang bekas kipas angin, dimana sangat ekonomis, dan siswa bisa membantu masyarakat. Kemudian, mesin pemotong rumput dengan tenaga surya bisa di cas lebih ekonomis dan praktis.

Lalau penemuan terbaru yakni pengelolaan air asam tambang yang bermanfaat untuk perusahaan maupun masyarakat. Kemudian yang terakhir adalah helm pintar yang berfungsi untuk mendeteksi kesehatan para pekerja dalam masa pandemi Covid-19.

“Tentu kami menyadari bahwa inovasi yang dilakukan anak-anak ini masih perlu pengembangan-pengembangan lagi. Namun kami bangga dengan kreativitas anak-anak, dan peran guru pembimbing, dan Inovasi akan menjadi budaya kami di SMK Bukit Asam,”pungkas Evi.

Tak lupa, Evi juga mengucapkan terima kasih kepada siswa, selain itu juga guru pembimbing. Inovasi Helm Pintar guru pembimbing Ady Wijaya, ST, Pengolahan Air Asam Tambang guru pembimbing Elsa Damayanti ST, Mesin potong rumput guru pembimbing Saryanto, dan Parabola mini guru pembimbing Yudi Biantra ST.

Sementara itu, Bukit Asam Inovasi Award (BAIA) merupakan ajang dua tahunan yang di gelar PT Bukit Asam Tbk bertujuan untuk mendorong insan-insan PTBA, mitra kerja, pelajar yang ada di sekitar perusahaan untuk terus berkarya menciptakan inovasi yang berguna untuk indonesia.(red)

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru