30.1 C
Palembang
Thursday, 2 February 2023
spot_img
SUMSELMuara Enim256 Petugas Pendataan Potensi Desa Muara Enim, Ikuti Pelatihan

256 Petugas Pendataan Potensi Desa Muara Enim, Ikuti Pelatihan

Baca juga

Muara Enim, Pojoksumsel.com – Dalam mewujudkan Satu Data Indonesia, ada 256 orang petugas pendataan potensi desa di lingkungna pemkab Muara Enim mengikuti pelatihan Pendataan Potensi Desa, Kamis (10/11) di Aula Bina Desa Dinas Pemdes Kabupaten Muara Enim.

Pj Bupati Muara Enim yang diwakili Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim H Riswandar membuka kegiatan ini dan mengapresiasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Muara Enim bersama dengan Badan Pusat Stastik (BPS) Kabupaten Muara Enim yang telah bersinergi menggelar giat pelatihan pendataan potensi desa untuk dapat mewujudkan satu data Indonesia.

Dirinya menyampaikan, desa memiliki peran sebagai satuan wilayah terkecil terpenting dalam menjalankan roda pembangunan di daerah.

Pemerintah Desa memiliki kewajiban untuk mampu menyelenggarakan kegiatan statistik di wilayahnya masing-masing dalam rangka mendukung penguatan data di tingkat desa.

“Oleh karenanya, saya berpesan kepada para peserta pelatihan pagi ini untuk menyerap ilmu semaksimal mungkin guna menjadi bekal sodara-sodari sekalian nantinya dalam menginput potensi di masing-masing desa,”tegas Riswandar.

Lebih lanjut dirinya menerangkan, saat ini desa/kelurahan bukan lagi sebagai objek pembangunan melainkan sudah menjadi subjek dan ujung tombak dari pembangunan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat, kebijakan pembangunan di desa akan lebih tepat sasaran dan lebih bermanfaat bagi masyarakat dengan dilandasi data yang lengkap dan akurat.

“Pelatihan ini merupakan langkah yang tepat dan perlu dilakukan guna pemuktahiran data desa melalui Pendataan Potensi Desa di setiap Kecamatan di Kabupaten Muara Enim,”jelas Riswandar.

Sementara itu, dikesempatan yang sama Kadis Kominfo Kabupaten Muara Enim Ardian Arifanardi menuturkan bahwa memang benar tujuan dari pada kegiatan ini guna mewujudkan Satu Data Indonesia, yang mana nantinya data tersebut dapat dijadikan acuan bagi Pemerintah Daerah, Provinsi maupun Pusat dalam menentukan arah kebijakan pembangunan yang ada di daerah.

Nampak hadir juga dalam giat pelatihan tersebut, Ka Diskominfo, Ka BPS, Ka Pemdes, Ka Bappeda, Camat se-Kabupaten Muara Enim ataupun yang mewakili.

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Artikel Terbaru