28.1 C
Palembang
Sunday, 23 June 2024
spot_img
spot_img
SUMSELMuara EnimPemkab Muara Enim Selenggarakan Sosialisasi RANHAM Tahun 2023

Pemkab Muara Enim Selenggarakan Sosialisasi RANHAM Tahun 2023

Baca juga

Muara Enim, Pojoksumsel.com – Pemkab Muara Enim melalui Bagian Hukum Setda menyelenggarakan Sosialisasi Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) Tahun 2023 pada Kamis (16/11) di Hotel Griya Sintesa Muara Enim.

Dalam sambutannya Kepala Bagian Hukum Setda Muara Enim, Ratna Puri Prapawati menyampaikan Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman Hak Asasi Manusia sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 53 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia Tahun 2021-2025.

“Peserta sosialisasi sebanyak 50 orang yang berasal dari Aparatur Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Muara Enim. Narasumber sosialisasi berasal dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan, yaitu Bapak Karyadi .S.H., M.H (Kepala Bidang HAM) dan Ibu. Berti Andriani S.H., M.H (Kasubbid Pemajuan HAM),” ujarnya.

Pj. Bupati Muara Enim, Ahmad Rizali yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra Kabupaten Muara, H Emran Tabrani dalam sambutannya menyampaikan bahwa Hak Asasi Manusia adalah seperangkat hak manusia yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai mahluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerahnya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh Hukum, Pemerintah dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat martabat manusia.

“Sebagai anggota masyarakat, kita mempunyai kewajiban bersama untuk menghormati dan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia, khususnya terhadap kelompok rentan yang meliputi perempuan, anak, penyandang disabilitas, dan kelompok masyarakat adat,” tutur Pj. Bupati

Ia berharap bahwa dengan adanya sosialisasi ini, para aparatur Perangkat Daerah dapat memahami dan mengimplementasikan RANHAM Tahun 2023 secara konsisten dan efektif, sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi pemenuhan Hak Asasi Manusia di Kabupaten Muara Enim.

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru