23.5 C
Palembang
Tuesday, 25 June 2024
spot_img
spot_img
SUMSELMuara EnimMaryana: Pencegahan dan Penanganan Stunting Perlu Dukungan dan Partisipasi Masyarakat

Maryana: Pencegahan dan Penanganan Stunting Perlu Dukungan dan Partisipasi Masyarakat

Baca juga

RD Sukmana
RD Sukmanahttps://pojoksumsel.com
RD Sukmana merupakan wartawan senior yang lebih suka menyebut dirinya seniman kata-kata daripada wartawan, karena baginya wartawan memiliki filosofi yang sangat luhur.

Muara Enim, Pojoksumsel.com – Plh Bupati Muara Enim H Nasrun Umar yang diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum Maryana membuka Sosialisasi Stunting Bagi Satuan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan Paguyuban Orang Tua di Kabupaten Muara Enim tahun 2021, Selasa (29/03) di Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu, Kota Muara Enim.

Dalam sambutannya Asisten III menjelaskan, stunting merupakan salah satu program gizi masyarakat di mana kekurangan asupan gizi yang kronis (Masa 1000 hari pertama kehidupan) untuk pencegahan dan penanggulangan stunting harus dilakukan bersama-sama antara program dan lintas sektoral.

“Tak ada satupun penelitian yang menyatakan bahwa keturunan memegang faktor yang lebih penting dari pada gizi dalam hal pertama fisik anak hal ini bisa menangkal persepsi masyarakat yang pada umumnya menganggap pertumbuhan fisik dan faktor keturunan,” terang Asisten III melanjutkan.

Dari permasalahan tersebut diatas, Asisten III menegaskan bahwa dalam pencegahan dan penanganan stunting perlu adanya dukungan dan partisipasi masyarakat yang disesuaikan dengan permasalahan yang terjadi di masing-masing Kecamatan, katanya melanjutkan.

Sehubungan dengan itu, Asisten III mengharapkan agar sepulang dari sini para peserta dapat melaksanakan berbagai program seperti yang akan didapatkan dalam materi berapa hari kedepan sehingga dapat terjadi siklus pola hidup yang sehat di desa masing-masing yang berujung pada penurunan angka stunting di Kabupaten Muara Enim.

Sementara itu, Sri Hidayati yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muara Enim dalam laporannya menjelaskan, kegiatan yang diikuti 600 orang peserta dalam 3 angkatan yang terdiri dari Kepala Satuan PAUD dan Ketua Paguyuban Orang Tua Murid di Kabupaten Muara Enim akan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 30 Maret s.d 01 April 2021 yang mana kegiatan tersebut bertujuan untuk menyampaikan pesan terkait pola asuh orang tua pengasuhan pendidikan gizi dan kesehatan kepada orang tua anak usia dini di satuan PAUD masing-masing dengan Narasumber dari Direktorat Jenderal PAUD Dikdasmen Jakarta, BP PAUD dan Dikmas Provinsi Sumatera Selatan, Dinas PPKB Kabupaten Muara Enim dan Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim.(ah/*)

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru