31.1 C
Palembang
Thursday, 23 May 2024
spot_img
spot_img
SUMSELMuara EnimPAMA Gandeng Pemkab Muara Enim Hijaukan Sekitar Bantaran Sungai Lematang

PAMA Gandeng Pemkab Muara Enim Hijaukan Sekitar Bantaran Sungai Lematang

Baca juga

MUARA ENIM,POJOKSUMSEL – Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengajak semua elemen masyarakat memperhatikan ekosistem di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS). Untuk mencegah terjadi longsor, salah satu upaya yang dapat di lakukan adalah dengan menanam pohon penyerap air. Selain itu pula, dapat dilakukan dengan memperindah sekitar bantaran sungai dengan berbagai tanaman produktif.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Muara Enim Ir Kurmin MSi melalui Kabid Pengendalian Pencemaran, Mediana pada saat melakukan penanaman pohon pelindung di sekitar daerah aliran sungai Lematang Desa Kepur Kecamatan Muara Enim bersama PT Pamapersada Nusantara (Pama), Senin (31/5/2021).

“Dengan menanam pohon di sekitar aliran sungai bisa mencegah terjadinya longsor, serta memperindah lingkungan sekitar,”ungkap Mediana.

Lanjut Mediana, Pemkab Muara Enim bersama perusahaan besar melalui CSR sudah berkomitmen untuk menanam pohon di sekitar aliran sungai maupun sekitar pinggir jalan. Sebagai bentuk pelestarian lingkungan sekitar, serta mencegah bencana longsor maupun banjir. Terang Mediana, sepanjang tahun ini saja sudah 10 ribu pohon di tanam mulai dari wilayah uluran Kecamatan Semende Raya, hingga Ilir wilayah Gelumbang.

“Adapun tanaman berupa buah-buahan, serta tanaman pelindung seperti rumput gajah, dan tanaman bambu yang cocok untuk penahan tanah longsor,”ungkapnya.

Ia pun terus menyerukan kepada perusahaan yang belum berkontribusi untuk segera melakukan kegiatan tanam pohon di sekitar operasionalnya. Dengan melibatkan pemerintahan setempat, baik itu Camat, Lurah, serta Kepala Desa setempat. Sedangkan dengan PT PAMA ini sendiri, DLH sangat mengapresiasi atas kepedulian perusahaan terhadap pelestarian lingkungan di Kabupaten Muara Enim.
“Memang sudah menjadi komitmen Pema, melalui CSR nya, setiap Minggu, setiap bulan jika kita butuh bantuannya mereka selalu siap. Kami sangat apresiasi sekali kepedulian perusahaan ini untuk daerah kita,”imbuh Mediana.

Sementara itu, Officer CSR PT PAMA Job Site Tanjung Enim, Joko Budi mengatakan, perusahaan mempunyai program rutin peduli lingkungan setiap tahun. Melaksanakan perintah bupati Muara Enim melalui SK nya, yakni meminta perusahaan untuk ikut berperan dalam penghijauan di Daerah Aliran Sungai. Untuk di Desa Kepur Kecamatan Muara Enim ini sebanyak 75 bibit pohon buah ditanam di pinggir sungai serta di pinggir jalan Desa.

“Salah satu komitmen kami adalah ikut memberi perhatian pada kondisi lingkungan sekitar, dengan Program lingkungan PT PAMA,  mari menanam pohon untuk masa depan kita bersama,”ungkap Joko.(red)

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru