27.1 C
Palembang
Tuesday, 16 April 2024
spot_img
spot_img
SUMSELMuara EnimSMKN 1 Muara Enim Terima Program TJSL PLN UPK Bukit Asam

SMKN 1 Muara Enim Terima Program TJSL PLN UPK Bukit Asam

Baca juga

RD Sukmana
RD Sukmanahttps://pojoksumsel.com
RD Sukmana merupakan wartawan senior yang lebih suka menyebut dirinya seniman kata-kata daripada wartawan, karena baginya wartawan memiliki filosofi yang sangat luhur.

PojokSumsel.com – SMKN 1 Muara Enim mendapat program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) dari PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Bukit Asam. Program ini berupa kegiatan pelatihan digital marketing dan operasional internet yang diikuti 40 siswa dan 10 guru SMKN 1 Muara Enim.

Ketua pelaksana kegiatan, Muhammad Yani, S.Pd. mengatakan, kegiatan pelatihan yang digelar di ruang pertemuan SMKN 1 Muara Enim ini dilaksanakan selama dua hari, Senin dan Selasa (27-28 Juni 2022).

Dalam pelatihan ini, menghadirkan pula pengelola Rumah Batik Serasan sebagai narasumber bidang praktisi wirausaha.

“Diharapkan dengan adanya pelatihan ini seluruh siswa mendapat bekal wawasan untuk dapat memanfaatkan digital marketing bila kelak menjadi wirausahawan,” ujar ketua pelaksana.

Waka SMKN 1 Muara Enim Bidang Humas, Drs. Parjiyono, M.Si. menambahkan, SMKN 1 Muara Enim merupakan mitra PT PLN UPK Bukit Asam yang telah bekerja sama dalam praktik kerja industri untuk siswa kelas XII.

“Ke depan kami berharap kegiatan praktik kerja industri dapat juga mengikutkan guru, sehingga bisa meningkatkan kompetensi guru selain peserta didik dalam memanfaatkan teknologi,” kata Parjiyono.

Mewakil Kepala SMKN 1 Muara Enim, Misniati, S.Pd., M.Si. ia menyampaikan terima kasih kepada PLN UPK Bukit Asam yang telah memilih SMKN 1 Muara Enim sebagai salah satu tujuan program TJSL dalam bentuk kegiatan pelatihan ini.

Masih di tempat yang sama, Manajer Keuangan dan Umum PLN UPK Bukit Asam yang lebih dikenal dengan nama PLTU Bukit Asam, Syamsurizal mengatakan, PT PLN (Persero) sebagai BUMN memiliki tanggung jawab sosial lingkungan kepada masyarakat.

“Untuk tahun ini, TJSL PLN memprioritaskan empat kategori, yaitu lingkungan, pengembangan UMKM, pendidikan dan create self value,” terangnya.

Ia menjelaskan, di bidang lingkungan UPK Bukit Asam telah memanfaatkan faba atau abu batu bara sisa pembakaran PLTU yang bisa diproduksi menjadi batako dan digunakan untuk kebutuhan bedah rumah.

“Jadi faba di kami bukan lagi merupakan limbah B3 tapi sudah menjadi limbah B0. Kami juga memiliki aplikasi PLN Mobile yang bisa digunakan untuk membantu memberikan kemudahan berbagai layanan seperti tambah daya maupun laporan gangguan,” imbuhnya.

Kegiatan pelatihan ini juga turut dihadiri Pengawas SMK dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Dinas Tenaga Kerja Muara Enim, Dinas Perdagangan Muara Enim dan Dinas Kominfo Muara Enim dan Kepala BLK Muara Enim.

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru