32.1 C
Palembang
Wednesday, 24 July 2024
spot_img
spot_img
NewsNasionalPresiden Jokowi: Masyarakat Tak Perlu Panik Hadapi Cacar Monyet

Presiden Jokowi: Masyarakat Tak Perlu Panik Hadapi Cacar Monyet

Baca juga

RD Sukmana
RD Sukmanahttps://pojoksumsel.com
RD Sukmana merupakan wartawan senior yang lebih suka menyebut dirinya seniman kata-kata daripada wartawan, karena baginya wartawan memiliki filosofi yang sangat luhur.

PojokSumsel.com Presiden  Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat tidak panik menghadapi ancaman penularan cacar monyet. Jokowi menyampaikan cacar monyet hanya bisa ditularkan lewat sentuhan langsung. Menurutnya, penyakit ini tak menular lewat percikan air liur.

“Tetapi ini juga kita tidak perlu terlalu panik karena penularannya lewat kontak langsung, bukan lewat droplet,” kata Jokowi di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Selasa (23/08) dilansir dari cnnindonesia.com.

Jokowi menilai hal terpenting adalah persiapan. Ia mengaku telah memerintahkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk mengantisipasi penularan dengan mempersiapkan vaksin cacar monyet. “Sudah saya perintahkan kepada Menkes, yang pertama, urusan vaksin segera,” ujarnya.

Jokowi juga meminta pengetatan di pintu-pintu masuk kedatangan luar negeri untuk mencegah penyebaran cacar monyet. “Untuk tempat-tempat yang interaksinya tinggi kemudian gerbang-gerbang masuk ke negara kita betul-betul dicek secara ketat,” ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah mengumumkan kasus cacar monyet pertama di DKI Jakarta. Kasus itu merupakan orang yang baru kembali dari luar negeri. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berkata penyakit ini hanya berdampak pada penampilan. Budi meyakini masyarakat akan selamat.

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru