31.1 C
Palembang
Thursday, 2 February 2023
spot_img
SUMSELMuara EnimHUT Muara Enim Ke-76, ICMI Gelar Diskusi Publik

HUT Muara Enim Ke-76, ICMI Gelar Diskusi Publik

Baca juga

Muara Enim, Pojoksumsel.com – Masih dalam rangkaian kegiatan memperingari HUT Kabupaten Muara Enim ke-76, Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kabupaten Muara Enim kali ini gelar Diskusi Publik dengan tema ‘Peluang dan tantangan Kabupaten Muara Enim dalam peningkatan daya saing’, Minggu malam (20/11) di Ruang Rapat Pangripta Nusantara Kantor Bappeda Muara Enim.

Ketua ICMI Kabupaten Muara Enim, H. Taufik Rahman
Ketua ICMI Kabupaten Muara Enim, H. Taufik Rahman

Dalam sambutannya, Ketua ICMI Kabupaten Muara Enim H Taufik Rahman menuturkan tujuan digelarnya Diskusi Publik ini adalah untuk mempersiapkan strategi kedepan terkait peluang dan tantangan yang akan dihadapi Kabupaten Muara Enim di kemudian hari.

“Muara Enim ini sebenarnya kaya akan Sumber Daya Alam akan tetapi tidak sebanding linear dengan kesejahteraan masyarakat yang dikarenakan pertumbuhan SDM berkualitas yang rendah, untuk itu melalui Diskusi Publik ini nantinya kita harapkan dapat menjadi landasan dalam mengambil arah kebijakan pembangunan di Bumi Serasan Sekundang,”ujar Taufik

Pj Bupati dalam Sambutannya di acara ICMI
Pj Bupati dalam Sambutannya di acara ICMI

Senada dengan yang disampaikan oleh Taufik Rahman, Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Kurniawan mengatakan bahwa memang SDA di Kabupaten Muara Enim tidak selinier dengan pertumbuhan Sumber Daya Manusianya.

Dirinya mengungkapkan juga bahwa, arah kebijakan pembangunan yang diusung oleh masyarakat melalui program Musrembang didominasi oleh pembangunan Infrastruktur berupa pembangunan jalan, jembatan dll.

Kegiatan Diskusi Publik ICMI yang dihadiri oleh para cendikiawan“Jadi memang saya sampaikan bahwa arah pembangunan di Kabupaten Muara Enim lebih ke pembangunan infrastruktur, padahal tolak ukur berkembangnya suatu daerah juga harus diiringi dengan perkembangan SDM yang memumpuni,”kata Kurniawan.

Untuk itu, dengan diselenggarakanya Diskusi Terbuka ini dirinya berharap melalui materi yang dibawakan oleh para narasumber tidak hanya dapat dijadikan referensi dalam menuntaskan masalah pengembangan SDM yang berkualitas, namun juga masalah lainnya seperti kasus stunting dan kemiskinan yang berkaitan erat dengan pertumbuhan SDM yang berkualitas.

Peserta Diskusi Publik ICMI
Peserta Diskusi Publik ICMI

“Saya yakin dan optimis dengan kita menyatukan presepsi dan menurunkan ego satu sama lain berbekal potensi SDA yang luar biasa, Kabupaten Muara Enim akan semakin maju,”tegas Kurniawan.

Acara dilanjutkan dengan Diskusi bersama para narasumber yakni Guru Besar UIN Sunan Gunung Jati Bandung Prof. Dr H Idzam Fautanu, Dewan Pembina Universitas Kebangsaan Republik Indonesia Prof. Dr. H Syamsul Bahri, Dekan Fisip UIN Raden Fatah Palembang Prof. Dr. H Izomidin, Guru Besar Unsri Palembang Prof. Dr. H Amin Rejo, Direktur Operasi dan Operasi PTBA H Suhedi yang merupakan para tokoh yang berasal dari Bumi Serasan Sekundang yang dimoderatori oleh Ka Balitbangda Kabupaten Muara Enim Tarmizi Ismail dan Kadinkes Kabupaten Muara Enim dr Eni Zatila.

Nampak hadir dalam Diskusi Publik malam itu Anggota DPRD Prov. Sumsel H Firdaus, Wakil Bupati Muara Enim periode 2003-2008 H Hanan Zulkarnain, para pimpinan instansi Vertikal, Pj Sekda Muara Enim, para Asisten dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemkab. Muara Enim.

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Artikel Terbaru