25.1 C
Palembang
Thursday, 25 July 2024
spot_img
spot_img
SUMSELMuara EnimSeleksi Peserta Program Bidiksiba Dilanjutkan Setelah Kondisi Wabah Coronavirus

Seleksi Peserta Program Bidiksiba Dilanjutkan Setelah Kondisi Wabah Coronavirus

Baca juga

RD Sukmana
RD Sukmanahttps://pojoksumsel.com
RD Sukmana merupakan wartawan senior yang lebih suka menyebut dirinya seniman kata-kata daripada wartawan, karena baginya wartawan memiliki filosofi yang sangat luhur.

MUARA ENIM,POJOKSUMSEL – PT Bukit Asam (PTBA) melanjutkan program CSR tahunan beasiswa Bidiksiba bagi warga di sekitar lingkungan perusahaan. Tahun 2020 ini perusahaan BUMN tersebut menyiapkan anggaran bagi penerima beasiswa studi di dua Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Yakni 25 peserta untuk menempuh pendidikan di Polsri Palembang, dan 25 peserta untuk menempuh pendidikan di Polinema Malang Jawa Timur.

Selain menggratiskan biaya pendidikan selama kuliah, PT Bukit Asam Tbk juga memberikan sarana penunjang belajar, biaya tempat tinggal, makan, uang saku, serta biaya buku bagi seluruhnya hingga selesai menempuh pendidikan.

Saat ini proses seleksi penerima beasiswa masih berlangsung di tingkat desa yang ada 5 Kecamatan ring 1 perusahaan. Diantaranya Kecamatan Lawang Kidul, Muara Enim, Tanjung Agung, serta dua kecamatan di Kabupaten Lahat, yakni Kecamatan Merapi Barat, dan Merapi Timur.

Yusril Alamsyah
Foto: Yusril Alamsyah

Ketua Program Bidiksiba 2020, Yusril Alamsyah mengatakan, Program Bidiksiba merupakan wujud kepedulian PTBA kepada masyarakat sekitar perusahaan khususnya masyarakat yang kurang mampu. Calon peserta Bidiksiba ini adalah masyarakat di sekitar ring I PTBA yang termasuk dalam masyarakat pra-sejahtera. Karena itu, PTBA berharap pelaksanaan program tersebut dapat berjalan lancar dan mengangkat derajat keluarga perserta yang terpilih.

Selanjutnya, Penyeleksian calon peserta Bidiksiba tahun 2020 dilaksanakan secara mandiri oleh PTBA bekerjasama dengan Politeknik Negeri Sriwijaya, dan Politeknik Negeri Malang (Polinema). Kemudian, PT Bukit Asam untuk program tahun ini menyiapkan kuota sebanyak 25 peserta untuk beasiswa Polsri Palembang, dan 25 peserta untuk beasiswa Polinema Malang Jawa Timur.
Proses seleksi di tingkat desa saat ini masih berlangsung dan segera ditutup pada 6 April 2020. Selanjutnya, dalam rangka menghadapi virus corona yang saat ini mewah, maka proses seleksi selanjutnya akan kembali dilanjutkan nanti pada saat kondisi kembali normal.

“Nanti mungkin setelah lebaran seleksi akan dilanjutkan, menunggu kondisi sudah aman,”ungkap Yusri, kamis (2/4/2020).

Imbuh Yusril, dengan mendapatkan dukungan penuh dari perusahaan bahwa program beasiswa Bidiksiba ini sangat membantu untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dilingkungan sekitar PTBA. Maka masyarakat dapat memanfaatkan program ini dengan sebaik-baiknya.

“Harapannya bahwa setelah lulus para siswa semakin memiliki semangat berkontribusi untuk memajukan daerahnya. Melalui program Bidiksiba yang telah diinisiasi sejak tahun 2010 ini merupakan wujud komitmen PTBA untuk turut serta dalam mencerdaskan bangsa terutama generasi penerus di wilayah sekitar operasional perusahaan,”terang Yusril.(ril)

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru