33.1 C
Palembang
Wednesday, 29 May 2024
spot_img
spot_img
SUMSELMuara EnimJelang Pemilu 2024, Plt Bupati Kaffah Pimpin Apel Serentak Kasat Kamling dan...

Jelang Pemilu 2024, Plt Bupati Kaffah Pimpin Apel Serentak Kasat Kamling dan Apel Besar Polisi RW

Baca juga

Muara Enim, Pojoksumsel.com – Guna menjaga keamanan dan kondusifitas jelang Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah Pimpin Apel Serentak Ketua Satuan (Kasat) Keamanan Lingkungan (Kamling) serentak se-Sumatera Selatan sekaligus Peluncuran Apel Besar Polisi RW, Rabu pagi (21/06) di Lapanan Merdeka, Muara Enim.

Plt Bupati dalam arahannya, saat membacakan amanat Kapolri mengatakan satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan kamtibmas, terlebih kita akan menghadapi agenda nasional yaitu Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024. Untuk itu dirinya berpesan agar kehadiran Satkamling harus betul-betul bisa menjadi cooling system di lingkungannya masing-masing, jangan ada perpecahan karena perbedaan pilihan, karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal utama yang harus dipertahankan serta kita jaga bersama.

“Mari kita dukung penyelenggaraan pesta demokrasi dengan mengutamakan sikap preventatif dan juga humanis, karena keberhasilan ini akan menjadi lompatan besar bagi Indonesia untuk mewujudkan demokrasi yang mapan dalam menyongsong Visi Indonesia Emas yang kita cita-citakan bersama,”ajak Plt Bupati Kaffah.

Sementara itu, saat dimintai keterangan oleh awak media Kapolres Muara Enim Andi Supiriadi menerangkan bahwa Polisi RW ini sendiri merupakan bagian dari pembinaan Kamtibmas dengan mitra kerjanya yakni ketua RT, Kepala Dusun / Kades serta masyarakat setempat. Sehingga upaya-upaya penanganan masalah yang tidak perlu dibawa ke penegak hukum dapat diselesaikan dengan kekeluargaan di tingkat RW.

Apel Serentak Kasat Kamling dan Apel Besar Polisi RW
Apel Serentak Kasat Kamling dan Apel Besar Polisi RW.

“Mengingat keterbatasan personil kepolisian yang ada di Polres Muara Enim, Polisi RW ini sendiri kita fokuskan ditempat yang padat penduduk seperti Kecamatan Muara Enim dan Lawang Kidul, dengan total 305 personil dan 932 RW atau dusun yang ada di Kabupaten Muara Enim tentunya juga dengan dukungan TNI,”ungkap Kapolres Muara Enim.

Nampak hadir dalam giat Apel pagi itu, unsur Forkopimda Kabupaten Muara Enim, jajaran Polres Muara Enim, para Tamu Undangan serta para Peserta Apel yang berasal dari Polri, TNI, Ketua RW dan Hansip

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru