25.1 C
Palembang
Thursday, 25 July 2024
spot_img
spot_img
NewsNasionalJaksa Agung: Jangan Pernah Nodai Kepercayaan Masyarakat

Jaksa Agung: Jangan Pernah Nodai Kepercayaan Masyarakat

Baca juga

RD Sukmana
RD Sukmanahttps://pojoksumsel.com
RD Sukmana merupakan wartawan senior yang lebih suka menyebut dirinya seniman kata-kata daripada wartawan, karena baginya wartawan memiliki filosofi yang sangat luhur.

PojokSumsel.com – Jaksa Agung Burhanuddin mengingatkan seluruh warga adhyaksa agar jangan pernah menodai kepercayaan masyarakat. Amanat ini disampaikan Jaksa Agung dalam Upacara Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-62 tahun 2022 di lapangan depan Gedung Menara Kartika, Jakarta, Jumat (22/07).

Jaksa Agung mengatakan, hasil survei nasional mengenai Evaluasi Publik terhadap Kinerja Pemerintah dalam Bidang Ekonomi, Politik Penegakan Hukum dan Pemberatan Korupsi menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Kejaksaan Agung menaik, dari sebelumnya menduduki peringkat ke delapan pada April 2022 menjadi peringkat ke empat pada Juni 2022 dengan capaian 74,5 persen.

Menurut Burhanuddin meningkatnya kepercayaan ini karena menilai kejaksaan telah mampu menunjukkan penegakan hukum yang didambakan masyarakat, di antaranya dengan mengeluarkan kebijakan penghentian penuntutan berdasarkan keadilan restoratif (restorative justice).

Kebijakan ini dilanjutkan dengan menghadirkan Rumah Restorative Justice guna menyerap keadilan di tengah masyarakat erta untuk menggali nilai-nilai kearifan lokal yang eksis di tengah masyarakat dengan melibatkan tokoh masyarakat, adat dan agama, sehingga akan tercipta kesejukan dan perdamaian yang dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat.

Dalam amanatnya, Jaksa Agung juga memberikan apresiasi kepada kinerja segenap jajaran Kejaksaan di seluruh Indonesia yang memberikan respon cepat penanganan perkara sehingga masyarakat merasakan kehadiran negara untuk menyudahi kesusahan yang dialaminya.

“Saya ingatkan seluruh warga adhyaksa, Jangan rusak kepercayaan masyarakat yang telah susah payah kita bangun dan kita raih selama ini, serta jangan pernah terlintas sedikitpun dipikiran saudara untuk terlibat atau mengambil keuntungan dari setiap perkara yang ditangani,” tegas Burhanuddin.

Kejaksaan, dirinya melanjutkan, harus menegakkan hukum dengan tetap memegang teguh peri kemanusiaan agar tidak ada hak dasar manusia yang terlanggar dalam mencari kebenaran materiil.

“Oleh karena itu, saya pesan kepada seluruh jajaran Kejaksaan agar dalam menjalankan tugas senantiasa berorientasi pada perlindungan hak dasar manusia. Mari wujudkan penegakan hukum yang tegas dan humanis kepada siapa saja tanpa pandang bulu,” tandas Jaksa Agung.

Gelaran upacara Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-62 tahun 2022 ini dihadiri oleh Ketua Komisi Kejaksaan RI Dr. Barita Simanjuntak, Wakil Jaksa Agung Dr. Sunarta, para Jaksa Agung Muda, Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI, Staf Ahli Jaksa Agung, Pejabat Eselon II di lingkungan Kejaksaan Agung, para mantan Jaksa Agung serta diikuti secara virtual oleh para Kepala Kejaksaan Tinggi, Kepala Kejaksaan Negeri, para pejabat Eselon III dan IV di lingkungan Kejaksaan Agung, Kepala Cabang Kejaksaan Negeri beserta jajaran di seluruh Indonesia.

 

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru