30.1 C
Palembang
Friday, 14 June 2024
spot_img
spot_img
SUMSELMuara EnimDesakuMuaraEnim Gelar Penyuluhan Keamanan pangan

DesakuMuaraEnim Gelar Penyuluhan Keamanan pangan

Baca juga

Jeri
Jerihttps://pojoksumsel.com
Pria ini menyukai dunia teknologi dan otomotif. Bermimpi punya sebuah laptop seharga 50 jutaan. Kesehariannya banyak dihabiskan didepan laptop. IT Maintenance, menulis di kategori Teknologi dan Otomotif adalah kontribusinya di PojokSumsel.com.

MUARA ENIM,POJOKSUMSEL – Dalam rangka mendukung Pemerintah Kabupaten Muara Enim Satu Desa Satu Produk UMKM. Salah Satu Market Place lokal, DesakuMuaraEnim menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan bagi 30 peserta perwakilan 22 Kecamatan dalam Kabupaten Muara Enim. Penyelengaraan selama dua hari 13-14 November 2020 di Hotel Serasan Sekundang Muara Enim.

Ade Irwansyah, selaku pembina DesakuMuaraEnim menjelaskan, dalam rangka mensukseskan program satu desa satu produk unggulan. Diselenggarakan pelatihan kewirausahaan yang diikuti 30 peserta dari 22 Kecamatan. Selain pembinaan, kegiatan juga Bimbingan Teknis (Bimtek) penyuluhan Keamanan Pangan bagi industri rumah tangga.

“Sehingga nanti, semua produk makanan maupun minuman binaan DesakuMuaraEnim ini menjadi bermutu, dan bergizi. Sehingga konsumen tidak perlu ragu membeli produk dari kita,”terang Ade, Sabtu (14/11/2020).

Lanjut Ade, lebih dari 30 pelaku usaha rumahan bergabung dengan DesakuMuaraEnim, sebanyak 86 produk unggulan dari desa yang ada di 22 Kecamatan. Semuanya adalah asli buatan UMKM yang ada di Kabupaten Muara Enim.

“Untuk membelinya, bisa unduh aplikasi DesaKuMuaraEnim di Android lalu klik produk yang akan dibeli, pembayaran bisa COD. Khusus untuk di luar kota bisa menggunakan aplikasi Shopee dan Toko pedia,”ungkap Ade lagi.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan, MUI, dan Balai Besar POM Palembang.

Sementara itu, Kepala Balai POM Palembang, Yosep Dwi Irwan mengatakan, semua produk makanan maupun minuman wajib didaftarkan melalui Balai POM. Kata dia, sehingga para konsumen tidak ragu membeli produk dari binaan DesakuMuaraEnim ini.

“Kami sangat suport kegiatan ini, apalagi untuk pemberdayaan UMKM, karena keamanan pangan sangat penting untuk meningkatkan daya saing produk, sehingga produk bisa di terima pasar hingga ke luar negeri,”kata dia.

Ia juga mengapresiasi kepada pengurus DesakuMuaraEnim yang telah berkontribusi positif dalam mewujudkan produk yang aman dengan menggandeng berbagai pihak, MUI, Dinas Kesehatan, dan Balai POM yang ada.(RD)

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru