32.1 C
Palembang
Saturday, 22 June 2024
spot_img
spot_img
SUMSELMuara EnimDorong Perpustakaan Daerah Ikut Akreditasi

Dorong Perpustakaan Daerah Ikut Akreditasi

Baca juga

RD Sukmana
RD Sukmanahttps://pojoksumsel.com
RD Sukmana merupakan wartawan senior yang lebih suka menyebut dirinya seniman kata-kata daripada wartawan, karena baginya wartawan memiliki filosofi yang sangat luhur.

MUARAENIM,POJOKSUMSEL – Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Dinas perpustakaan dan Kearsipan menerima kunjungan dari Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan dalam rangka pembinaan di daerah, Jumat (19/3) kemarin diruang rapat Bappeda. Hadir Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan, Fitriana SSos MM dan jajaran, disambut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Muara Enim, Panca Surya Diharta SH, didampingi beberapa OPD dari Dinas Pemberdayaan masyarakat desa, Dinas Perdagangan, Dinas Pariwisata, Dinas Pendidikan, Dinas Koperasi UMKM, Bapeda, PKK, dan Komunitas Literasi.

Pada saat menyampaikan paparan, Kepala Dinas Perpustakaan Sumsel, Fitriana SSos MM menyampaikan, masih banyak perpustakaan di daerah belum mengikuti akreditasi. Pihaknya mendorong kepada pemkab Muara Enim melalui instansi terkait, untuk mengajukan perpustakaan yang dibinanya untuk mengajukan akreditasi.

“Pemerintah pusat tahun ini menargetkan akreditasi nasional, untuk itu silahkan perpustakaan daerah untuk mengajukan akreditasi,”ungkap Fitriana.

Pihaknya juga mengapresiasi perkembangan perpustakaan yang ada di daerah, khususnya di Kabupaten Muara Enim. Menurutnya, semua elemen pemerintahan, maupun stekholder mendukung dalam upaya mencerdaskan anak bangsa dengan menggiatkan gemar membaca. Tidak hanya berkembang di lingkungan pendidikan saja, namun fasilitas baca untuk menggiatkan masyarakat juga berkembang hingga ke lingkungan desa, melalui perpustakaan desa, dan ruang baca yang ada di beberapa tempat publik lainnya.

“Kami apresiasi peran aktif pemdes yang mendorong kepala desa dan lurah untuk membentuk perpustakaan. Untuk mengembangkannya, tinggal nantinya kita anggarkan saja . Namun untuk hal itu,  kita membutuhkan data dan programnya. Terkait untuk penambahan buku kabupaten Muara Enim dapat mengajukan juga di perpustakaan nasional, karena anggaran pusat untuk ini cukup besar,”paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muara Enim, Panca Surya Diharta SH menjelaskan tentang kondisi perpusatakaan daerah hingga saat ini. Bahwa tidak lama lagi akan memiliki gedung perpustakaan dua lantai. Lokasinya berada di Jalan Cut Nyak Dien samping Gedung Kesenian yang sekarang ini tengah diselesaikan pembangunannya.

“Tahun ini direncanakan selesai dua lantai dan sudah permanen. Untuk mengembangkan kegiatan perpusatakaan di Kabupaten Muara Enim, pihaknya mengharapkan kolaborasi dengan dinas lain, dan stekholder yang ada,”terang Panca.

Dijelaskan, berawal dari 14 Perpusatakaan desa, sampai sekarang sudah bertambah menjadi 20 perpustakaan yang dikelola. Kemudian rumah baca ada 3 tempat yakni di Kecamatan Muara Enim, dan Kecamatan Semende Darat Laut (SDT). Sedangkan untuk  pojok baca ada 80  unit. Jumlah buku 56.504, dan rencana pengadaan tahun ini ada 7500 buku.(red)

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru