28.1 C
Palembang
Thursday, 11 April 2024
spot_img
spot_img
TeknologiPersediaan Menipis, Sharp Ubah Pabrik TV Mereka Jadi Pabrik Masker

Persediaan Menipis, Sharp Ubah Pabrik TV Mereka Jadi Pabrik Masker

Baca juga

RD Sukmana
RD Sukmanahttps://pojoksumsel.com
RD Sukmana merupakan wartawan senior yang lebih suka menyebut dirinya seniman kata-kata daripada wartawan, karena baginya wartawan memiliki filosofi yang sangat luhur.

PojokSumsel.com – Bukan hanya pemerintahan yang sigap mengantisipasi penyebaran virus corona. Salah satu raksasa teknologi asal Jepang akhirnya turut berjibaku memerangi virus ini. Pabrik yang semula digunakan untuk memproduksi TV kini beralih fungsi menjadi pabrik pembuatan masker.

Sebelum Sharp, perusahaan induknya, Foxconn, telah melakukan hal yang sama di China untuk memasok pekerjanya sendiri saat mereka membuat bagian-bagian iPhone.

Ruangan dengan tingkat kebersihan tinggi Sharp di Jepang diklaim akan menghasilkan 150.000 masker sehari dalam beberapa minggu, laporan media Jepang, sebagaimana dilansir laman BBC di Jakarta, Selasa (3/3/2020).

Langkah ini dilakukan Sharp karena persediaan masker bedah di negara itu yang jumlahnya kian menipis. Rencana itu sebagai tanggapan atas lonjakan permintaan masker yang dipicu oleh wabah virus korona.

Cegah Virus Corona, Sharp Ubah Pabrik TV Menjadi Pabrik Masker
Ilustrasi: Cegah Virus Corona, Sharp Ubah Pabrik TV Menjadi Pabrik Masker.

Pabrik Sharp yang akan digunakan untuk memproduksi masker berlokasi di Kameyama, Prefektur Mie. Pabrik tersebut biasanya digunakan untuk memproduksi panel LCD besar dan assembling TV, sebagaimana dikutip dari The Verge.

Sharp kabarnya belum menentukan harga atau rencana distribusi untuk masker tersebut. Namun memang masker wajah adalah pemandangan umum di Jepang, terutama saat musim dingin guna membantu mencegah penyebaran penyakit.

Namun, para ahli memperingatkan bahwa masker bedah tidak banyak melindungi terhadap infeksi yang ditularkan melalui udara. Lembaga kesehatan Inggris mengungkap bahwa masker berguna untuk staf medis di rumah sakit.

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru