23.5 C
Palembang
Tuesday, 25 June 2024
spot_img
spot_img
NewsBisnisDarma Wanita Kagum Batik Muara Enim Banyak Motif

Darma Wanita Kagum Batik Muara Enim Banyak Motif

Baca juga

RD Sukmana
RD Sukmanahttps://pojoksumsel.com
RD Sukmana merupakan wartawan senior yang lebih suka menyebut dirinya seniman kata-kata daripada wartawan, karena baginya wartawan memiliki filosofi yang sangat luhur.

MUARA ENIM, POJOKSUMSEL – Melihat potensi Industri Kecil Menengah (IKM) batik Muara Enim yang tengah berkembang. Pengurus Persatuan Darma Wanita (DW) Kabupaten Muara Enim melihat salah satu pelaku batik di Rumah Batik Serasan (RBS) yang ada di Kecamatan Muara Enim, Rabu (31/4/2021) lalu. Selain melihat proses produksi batik, juga merasakan langsung sensasi mencanting, cap, dan melorot didampingi pengurus RBS.

Ketua Darma Wanita Kabupaten Muara Enim, Hasanah Emran Tabrani mengungkapkan, kunjungan kerja yang dilakukan ini dalam rangka melaksanakan program bidang pendidikan. Salah satunya belajar bagaimana membuat batik. Di Rumah Batik Serasan ini semua pengurus DW yang hadir merasakan langsung sensasi mulai dari cap, canting, dan melorot.

“Sehingga kita bisa tahu, oh begini proses pembuatan  khas Muara Enim, sehingga kami memiliki pengetahuan, bahwa membuatnya itu butuh proses. Selain itu, kami melihat banyak sekali motif batik yang di hasilkan di rumah batik ini,”ungkap Hasanah.

Bicara soal motif, kata Hasanah, Kabupaten Muara Enim ini sebenarnya kaya akan aneka ragam budaya, dan Sumber Daya Alam (SDA) yang dapat diangkat menjadi motif batik. Seperti yang sudah ada, tengkiang, meraje, kujur, kopi, durian, sawit, padi dan lainnya masih banyak lagi.

Lanjut Hasanah, Darma Wanita Muara Enim mengapresasi perkembangan IKM batik yang ada. Menurutnya, promosi yang gencar akan menunjang pemasaran batik sampai go internasional. Salah satunya, RBS ini bisa menjadi motivasi IKM lainnya bisa berkembang.

“DW nantinya juga akan ikut berperan dalam memajukan batik Muara Enim dengan membantu pemasaran ke dinas, maupun melalui pameran di luar daerah. Untuk sementara batik Muara Enim kita pakai sendiri,”imbuhnya.(AH)

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru