26.1 C
Palembang
Thursday, 28 March 2024
spot_img
NewsInsan PTBA Divaksin Covid-19

Insan PTBA Divaksin Covid-19

Baca juga

Sigit
Sigit
Sigit, adalah seorang jurnalis sebuah media cetak. Orangnya sangat cekatan dalam mengabadikan momen dan juga mampu menuliskannya kedalam sebuah berita.

Muara Enim, Pojoksumsel.com – Sejumlah langkah preventif terus dilakukan oleh PT Bukit Asam Tbk (PTBA) untuk memerangi wabah Covid-19. Salah satu langkah besar yang diambil PTBA sekaligus mendukung program Pemerintah yaitu pelaksanaan vaksinasi.

Penyelenggaraan kegiatan ini berlangsung mulai pada hari ini, Kamis (10/6/2021) hingga Selasa 15 Juni 2021 bertempat di GSG Baru PTBA Tanjung Enim.

Saat dibincangi disela kegiatan, Ketua Panitia Pelaksana Vaksinasi, Reviyanto mengatakan bahwa PTBA bersama Pemerintah Kabupaten Muara Enim dan Dinas Kesehatan Muara Enim menyediakan total 3000 dosis vaksin dimana 800 dosis untuk pegawai dan 2200 dosis untuk alih daya PTBA. Vaksin yang diberikan merupakan jenis Astrazeneca, dimana pegawai yang berusia diatas 30 tahun yang akan mendapatkan vaksin ini.

“Alhamdulillah program vaksinasi yang dilakukan PTBA ini sangat direspon positif oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan disambut baik Pemerintah Daerah Kabupaten Muara Enim,” ucapnya.

Manajer Administrasi dan Personel SDM PTBA ini menguraikan bahwa sebelum mendapatkan vaksin, seluruh peserta harus melewati proses screening terlebih dahulu untuk memastikan bahwa yang bersangkutan dalam keadaan sehat sehingga aman untuk melakukan vaksinasi.

Setelah proses screening, barulah peserta bisa di vaksin. Tahap terakhir dalam vaksinasi ini adalah observasi, peserta diminta untuk menunggu kurang lebih 30 menit untuk mengetahui apakah ada efek samping setelah di vaksin.

“Mudah-mudahan pada kesempatan hari ini, kegiatan dapat berjalan dengan lancar sampai 5 hari kedepan, kedepannya vaksinasi dosis kedua akan dilaksanakan kurang lebih 3 bulan mendatang, ” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, dr. Bandriyo Sudarsono, Kepala Rumah Sakit Bukit Asam menjelaskan bahwa untuk vaksin bisa ada efeknya atau tidak, tergantung dari daya tahan tubuh tiap – tiap individu. Untuk gejala terkadang sedikit panas, meriang dan kadang-kadang istilahnya fatigue atau agak kelelahan. Itu adalah sebenarnya efek samping dari semua vaksin.

Kemudian untuk batas usia yang aman adalah 30 – 35 tahun ke atas untuk jenis vaksin Astrazeneca dengan tingkat keefektifan untuk vaksin sudah lebih dari 70-80 persen.

Bagi masyarakat dan pekerja, tidak perlu takut, tujuan dari vaksin adalah memasukkan virus ke kita supaya kita kebal. Namun, bagi penderita penyakit berat, contohnya sakit jantung dan cuci darah perlu lebih hati-hati di dalam hal ini. Sebenarnya hal itu bukan kontra indikasi, hanya saja kita perlu hati-hati. Sedangkan bagi masyarakat yang pernah kena covid, tidak perlu takut divaksin namun harus menunggu 3 bulan setelah dia terkena covid.

“Harapannya orang yang sudah diberi vaksin angka kesakitan covid akan menurun, karena daya kekebalan dari yang divaksin itu akan jadi lebih kebal,” ujarnya.

Sementara itu, Mewakili Manajemen PTBA, Yudhya Santyawan, Senior Manajer SDM Operasional meminta kepada seluruh pegawai, keluarga dan mitra kerja agar mengikuti kegiatan vaksinasi ini, karena vaksinasi covid sangat penting untuk menjaga dan melindungi diri dari Covid-19.

Selain itu, Yudhya mengatakan vaksinasi dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 lebih luas dan juga untuk menjaga keberlangsungan operasional perusahaan. Vaksinasi Covid-19 sangat penting, tidak perlu takut dan cemas karena vaksin aman.

“Alhamdulillah saya telah melaksanakan vaksinasi hari ini. Meskipun kita semua sudah divaksin, kita harus tetap menjaga protokol kesehatan, kita tetap memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Dengan demikian, semoga kita semua diselamatkan dari wabah ini,” ucapnya.

Sementara Efi Hendriyani mewakili Tenaga Kerja Ali Daya dari Satuan Kerja (Satker) CSR mengucapkan terima kasih pada PTBA dan Pemkab Muara Enim atas upaya pemberian suntikkan vaksin hari ini khususnya untuk tenaga kerja alih daya.

“Vaksin ini sangat diperlukan untuk mencegah wabah virus Covid-19, apalagi tuntutan pekerjaan yang terkadang berhubungan dengan orang luar dan di lapangan seperti Satker CSR,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa suntikan vaksin ini sama seperti suntikkan biasa dan efeknya tidak bahaya, jadi untuk teman – teman yang belum, jangan takut divaksin karena ini untuk kebaikkan kita bersama dalam mencegah wabah Covid 19.

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Artikel Terbaru