33.1 C
Palembang
Tuesday, 15 October 2024
spot_img
spot_img
SUMSELMuara EnimDorong Naik Kelas, Pelaku UMKM Mikro Mendapat Pelatihan Kewirausahaan

Dorong Naik Kelas, Pelaku UMKM Mikro Mendapat Pelatihan Kewirausahaan

Baca juga

RD Sukmana
RD Sukmanahttps://pojoksumsel.com
RD Sukmana merupakan wartawan senior yang lebih suka menyebut dirinya seniman kata-kata daripada wartawan, karena baginya wartawan memiliki filosofi yang sangat luhur.

MUARA ENIM,POJOKSUMSEL – Sebanyak 56 peserta mengikuti pelatihan kewirausahaan yang di gelar Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Hotel Serasan Sekundang Muara Enim, Rabu (25/8). Kegiatan tersebut mendapat perhatian Pj bupati Muara Enim H Nasrun Umar (HNU) yang membuka acara tersebut, didampingi Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan H Riswandar SH MH, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Surdin SE Msi, dan kepala OPD lainnya, hadir juga perwakilan BPJS Ketenaga Kerjaan, serta Bank Sumsel Babel Cabang Muara Enim.

Dalam sambutannya, HNU mengapresiasi dinas terkait yang telah menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan ini. Tujuan salah satunya guna menaikan kelas Usaha Mikro menjadi Usaha Kecil, dan Usaha Kecil menjadi Usaha Menengah serta mampu menyerap tenaga kerja yang pada akhirya akan meningkatkan pendapatan dan mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Muara Enim.
Pada tahun 2020 lalu, Pemerintah Kabupaten Muara Enim telah menyalurkan bantuan modal kepada UMKM melalui Dana Belanja Tidak Terduga dan Bantuan Sarana dari Dana Insentif Daerah kepada para pelaku usaha di Kabupaten Muara Enim sebagai upaya untuk tetap bertahan ditengah Pandemi Covid-19 yang sejalan dengan Pemerintah Pusat dengan memberikan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM).

“Tumbuh dan bermunculannya wirausaha ataupun pelaku usaha akan membawa efek berantai terhadap perekonomian daerah yang kita harapkan mampu menjadi pemicu sekaligus penggerak roda perekonomian di Kabupaten Muara Enim dalam rangka pengentasan dan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Muara Enim demi mewujudkan cita-cita kesejahteraan rakyat,” terang HNU

Pesan dia, Narasumber yang mengisi pelatihan kewirausahaan ini diharapakan dapat menyampaikan materi dengan lengkap, mudah dicerna, serta dimengerti oleh semua peserta. HNU juga berpesan kepada semua peserta untuk benar-benar memanfaatkan kesempatan yang diberikan oleh pemerintah daearah ini.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para narasumber yang telah meluangkan waktunya untuk berbagi ilmu dan wawasan dalam memotivasi para pelaku usaha di Kabupaten Muara Enim. Lebih khusunya kepada para peserta pelatihan selamat mengikuti pelatihan dengan seksama dan sebaik-baiknya, tetap semangat dalam menjalankan usaha serta teruslah tumbuh, berkembang dan sukses. Tularkan semangat dan ilmu yang didapat pada pelatihan ini kepada sanak saudara dan rekan-rekan lainnya,” pinta HNU kepada seluruh peserta yang merupakan pelaku UMK se-Kabupaten Muara Enim.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Surdin SE Msi, melalui Kabid UKM Astuti Martayanti mengatakan, menggelar Pelatihan Kewirausahaan bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil di Kabupaten Muara Enim melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik Peningkatan Kapasitas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (RK2UKM) Tahun Anggaran 2021. Dengan tujuan untuk meningkatkan daya saing, serta meningkatkan produktivitas para pelaku UMKM Mikro binaan pemerintah daerah.

“Peserta sebanyak 56 orang untuk dua angkatan, mereka adalah pelaku UNKM Mikro yang ada di Kabupaten Muara Enim. Tentunya kegiatan ini menaati Protokol Kesehatan (Prokes) sesuai standar SOP,”kata Astuti.(red)

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru