31.1 C
Palembang
Monday, 28 November 2022
spot_img
NewsPanen Padi Organik Perdana, PAMA Siap Fasilitasi Pemasaran Hasil Panennya

Panen Padi Organik Perdana, PAMA Siap Fasilitasi Pemasaran Hasil Panennya

Baca juga

Sigit
Sigit
Sigit, adalah seorang jurnalis sebuah media cetak. Orangnya sangat cekatan dalam mengabadikan momen dan juga mampu menuliskannya kedalam sebuah berita.

Muara Enim, Pojoksumsel.com – Pola hidup sehat menjadi kebutuhan, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi beras organik. Dimana untuk proses tanam padi organik hingga pengolahan lahannya pun dilakukan secara alami.

Yusti Gunawan salah satu petani padi organik binaan dari LPB PAMA Kite Gale yang berada di Desa Karang Raja, Kecamatan Muara Enim, menanam padi organik dengan sabar dan tekun. Dari usahanya inilah, jum’at (11/03/2022) beliau melakukan panen padi organik untuk pertama kalinya.

Yusti Gunawan Panen Padi Organik bersama pamapersada
Panen Perdana demplot padi Organik UMKM Mitra Binaan LPB PAMA Kite Gale yang berlokasi di Desa Karang Raja.

Hadir dalam panen padi organik ini, Pembina UMKM LPB PAMA Mohammad Iqbal, CSR Officer PT Pamapersada Nusantara Jobsite Tanjung Enim Joko Budi Santoso, PPL Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Kab.Muara Enim wilayah binaan desa Karang Raja Oka Maris,Sp, Pendamping Penyuluh Ekonomi Pertanian (P2EP) Provinsi Rizki Ramadhan, Koordinator LPB Pakiga Rusydi, Fasilitator LPB Seis Liana Sari, serta petani dan UMKM binaan lainnya

Yusti Gunawan dalam kesempatan ini mengatakan, bahwa padi organik yang di tanamnya ini adalah varietas Siam, dengan pemeliharaan yang tidak rumit dengan biaya pemeliharaan yang sangat ekonomis.

“Padi organik ini mudah perawatannya, ringan biaya produksi, ramah lingkungan dan yang paling penting harga pasarnya lebih tinggi dari padi non organik, saya tanam dengan bibit 12 Kg dan target saya hasil panen mencapai 2,7 Ton”,jelas Yusti.

Sementara itu, Mohammad Iqbal mengatakan dirinya bangga kepada Yusti Gunawan yang ingin memulai budidaya padi organik, bukan hanya untuk dirinya pribadi tapi juga merangkul petani yang lain.

Foto Bersama petani padi organik, Yusti Gunawan bersama CSR Officer PAMA Joko Budi Santoso, Pembina UMKM LPB PAMA Kite Gale Mohammad Iqbal, Seis Liana Sari selaku fasilitator LPB PAMA dan juga Koordinaro LPB PAMA Kite Gale Rusydi

“Mengapa kami arahkan untuk budidaya padi organik, kami ingin penghasilan petani di desa Karang Raja ini meningkat, karena hasil panen dan harga jual padi organik ini jauh lebih tinggi dari yang non organik, sehingga meningkatkan kesejahteraan petani”, jelas Iqbal.

CSR Officer PT Pamapersada Nusantara Joko Budi Santoso, juga menjelaskan bahwa Pama tetap berkomitmen memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, termasuk di bidang pertanian dan bidang-bidang lainnya, terutama kepada UMKM binaannya.

“Semoga panen perdana ini memberikan manfaat bagi UMKM binaan agar dapat melanjutkan produksi padi organik ini kedepannya, sehingga bisnis ini dapat berkelanjutan dan kami dari Pama akan membantu memfasilitasi pemasaran hasil panen padi organik ini, untuk di pasarkan di pusat-pusat perbelanjaan khususnya yang ada di kabupaten Muara Enim”, Tegas Joko. (ah/*)

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Artikel Terbaru