27.1 C
Palembang
Wednesday, 29 June 2022
spot_img
EventNgoPPI di Hari Kartini: Kerajinan Tekstil Shibori yang Menarik Hati

NgoPPI di Hari Kartini: Kerajinan Tekstil Shibori yang Menarik Hati

Baca juga

Totok AH
Totok AH
Totok adalah seorang Pelaku Usaha dibidang fesyen yang mengangkat kebudayaan daerah kedalam sebuah kain untuk dikenalkan ke masyarakat luas. Totok Juga menyukai kegiatan pelatihan dan pengembangan diri untuk UMKM

Pojoksumsel.com – Shibori adalah sebuah teknik pewarnaan kain yang berasal dari negara Jepang. Tehnik ini diyakini sebagai tehnik pewarnaan tertua, yang diperkirakan sudah ada sejak abad ke-18.

Ada beberapa motif shibori yang terkenal dan banyak diaplikasikan, diantaranya teknik kanoko atau motif lingkaran, itajime atau motif kotak-kotak, dan kumo atau menyerupai jaring laba-laba, seperti disadur dari Media Indonesia

Di mulai tren pembuatan tie dye atau teknik celup ikat secara mandiri selama pandemi, tren pakaian dengan motif ini juga mulai bermunculan. Dion Lee, label mewah asal Australia merilis koleksi musim gugurnya bertema shibori pada Agustus 2020.

Di Indonesia, busana ini semakin banyak bermunculan dengan ditampilkan sebagai busana harian maupun yang berbentuk luaran. Ini pula yang terlihat dari dua label Tanah Air, Waiki Tekstil dan Muda Mudi the Label.

Kerajinan kain ini diolah menjadi busana santai hingga semiformal yang chic. Pemilik Waiki Tekstil, Ningsihwulan, dan pemilik Muda Mudi the Label, Maudy Khusnia, menjelaskan shibori memiliki kesamaan dengan batik dan jumputan.

Ketiga kain tersebut diwarnai dengan teknik halang rintang. Jika batik menggunakan penghalang malam (lilin), sedangkan shibori dan jumputan menggunakan penghalang berupa tekanan yang dihasilkan dari melipat, mengikat, dan jahitan manual.

NGOPI (Ngobrol Pagi Penuh Inspirasi)

BBKP Pergi ke Beringharjo membeli batik
Tak lupa pulang bawa bakpia
Berkreasi shibori memang menarik
Produknya cantik hatipun bahagia

Dalam rangka Memperingati Hari Kartini (21 April), Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Kerajinan dan Batik (BBKB) berkolaborasi dengan Dharma Wanita Persatuan BBKB, akan menghadirkan acara NgoPPi – Ngobrol Pagi Penuh Inspirasi dengan topik: ”Kerajinan Tekstil Shibori Menarik Hati”

acara tersebut secara daring pada:
Hari/ tanggal : Kamis/21 April 2022
Waktu: Pukul 09.00-10.30 WIB
Platform : Zoom meeting

Klik Link Join Zoom Meeting Sekarang

Meeting ID: 881 9940 6474
Passcode: shibori

semoga informasi ini bermanfaat dan pastikan Anda terus beraktifitas dan produktif.

Oh ya, Jangan lupa mengikuti acara tersebut karena acara ini GRATIS, tersedia E-CERTIFICATE dan DOORPRIZE serta pastikan untuk share informasi ini kepada teman-teman tercinta ya.

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Artikel Terbaru