28.1 C
Palembang
Tuesday, 21 May 2024
spot_img
spot_img
SUMSELMuara EnimSambut Hari Batik Nasional : Rumah Batik Serasan Gelar Pelatihan Batik

Sambut Hari Batik Nasional : Rumah Batik Serasan Gelar Pelatihan Batik

Baca juga

Muara Enim, Pojoksumsel.com – Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional 2022, Rumah Batik Serasan (RBS) Muara Enim bersama Pondok Seni Budaya ANANANGUAI (PSBA) Kampung Kemayoran Muara Enim melaksanakan pelatihan batik tulis di Kampung Kemayoran Bewarne, Sabtu (01/10/2022).

Pengelola RBS Totok Adi Hermanto, S.T., M.M atau akrab dipanggil Totok menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan Batik Tulis adalah rangkaian kegiatan memperingati Hari Batik Nasional yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari.

Rumah Batik Serasna dan Pondok Seni Budaya Ananaguai laksanakan Pelatihan Batik Tulis di Kampung Kemayoran
Pelatihan Batik Tulis di Kampung Kemayoran di dihadiri dan didukung langsung oleh Pemkab Muara Enim, PT Pamapersada Nusantara, Bank Sumsel babel dan Kantor Notaris Dessi Puspa Asni.

“pelatihan batik tulis ini diharapkan dapat menciptakan pembatik tulis yang handal sehingga di RBS sendiri akan terbentuk divisi batik tulis yang siap memproduksi batik khas Muara Enim.”, ucap Totok.

Selanjutnya “Pelatihan ini adalah langkah awal dari kolaborasi RBS dengan PSBA yang diharapkan dapat menciptakan peluang usaha dan mampu menyerap tenaga kerja khususnya ibu-ibu yang ada dikemayoran, Pasar 1, Kecamatan Muara Enim dalam meningkatkan perekonomian keluarga pasca pandemi”, tandas pengelola RBS.

Keseruan pelatihan batik tulis di kampung Kemayoran Pasar I, Muara Enim
Kegiatan pelatihan batik tulis di kampung Kemayoran Pasar I, Muara Enim

Masih dalam sambutannya, Totok juga menjelaskan alasan dipilihnya Kampung Kemayoran Bewarne karena para penggiat PSBA dan warga di Kampung Kemayoran ini memiliki banyak potensi dan bakat yang dapat dikembangkan seperti seni rupa, kriya, seni musik dan juga pelaku kreatif dan ini berpotensi mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar.

Diwaktu yang sama, Fideraini.Z di selaku Ketua RW 02 Kemayoran sekaligus Penasihat Pondok Seni Budaya ANANANGUAI Muara Enim didampingi Pengurus Pondok Seni Budaya ANANANGUAI lainnya, sangat mengapresiasi kegiatan ini dan mengucapkan terima kasih kepada Pihak RBS, dan berbagai pihak yang terlibat.

“Terima kasih kepada RBS, Pemkab Maura Enim, CSR PAMA, Bank Sumsel Babel, Ibu Notaris Dessi Puspa Asni serta pihak-pihak terkait lainnya atas perhatian dan supportnya telah terlaksana Pelatihan batik tulis di Kampung Kemayoran ini”, jelas Ketua RW 02.

Membuat Pola Batik Tulis
Membuat Pola Batik Tulis

Lanjut Fideraini, “Kami juga berharap kegiatan pelatihan batik tulis ini berkelanjutan dan berkesinambungan, agar ibu-ibu warga Kemayoran dan para Komunitas Pondok Seni Budaya ANANANGUAI ini terus berkarya dan bila perlu nantinya Kampung Kemayoran ini menjadi kampung Batik Tulis yang ada di Kabupaten Muara Enim khususnya”.

Membuat Pola Batik Tulis
Membuat Pola Batik Tulis

Masih dikatakan Fideraini.Z yang mana beliau dulu pernah menjadi Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Muara Enim dan juga pernah menjabat sebagai Anggota DPRD Muara Enim, menyampaikan harapannya kepada Pemerintah Daerah, Pihak Perusahaan yang ada di Muara Enim ini serta pemangku kepentingan, khususnya kepada pihak PTBA Tanjung Enim, untuk memberikan support serta dukungannya terhadap kegiatan yang berdampak positif bagi masyarakat Kemayoran khususnya Muara Enim kedepannya.

Kegiatan pelatihan ini dibuka langsung oleh Kadin Perdagangan Syarpuddin, S.Sos., M.Si. yang diwakili oleh Kabid Perindustrian Dr. Dessy Hershanty, S.E., M.M. menyampaikan sambutan sekaligus harapannya agar Kampung Kemayoran Bewarne ini dapat menjadi Kampung Batik yang ada di Muara Enim.

“kami berharap, pelatihan ini dapat mewujudkan kampung Kemayoran menjadi Kampung Batik dan tidak hanya itu saja, mungkin bisa dari kriya, kuliner, seni budaya dan keanekaragaman yang bisa dikelola dengan baik dan kegiatan positif lainnya yang bermanfaat agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan tentunya menjadi perhatian wisatawan dan pengunjung dari luar daerah yang ingin mengunjungi Kemayoran.”, ujar Dessy.

Keseruan pelatihan batik tulis yang juga di hadiri langsung oleh Plt Camat Muara Enim Husni Thamrin
Keseruan pelatihan batik tulis yang juga di hadiri langsung oleh Plt Camat Muara Enim Husni Thamrin

Dessy juga menambahkan “Harapan kami semoga pelatihan ini di tekuni, di seriusi, kami juga akan mendukung sampai kejenjang yang lebih tinggi, dan hasil batik tulis ini nanti akan kita jajakan di pusat gerai oleh-oleh Milik Pemerintah Daerah, kami berharap semangatnya kami ini juga di iringi dengan semangatnya para peserta dan ibu-ibu sekalian yang mengikuti pelatihan batik tulis ini” tutupnya diakhir kata sambutan sekaligus membuka acara ini secara resmi.

Kegiatan ini dihadiri Bambang Sugianto, SH. M.Si selaku Kabid Pengembangan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata dan Ekraf Muara Enim, dan Wulan Pratiwi. S.Sn dari Balitbangda Muara Enim, Plt. Camat Muara Enim Husni Thamrin, Lurah Pasar 1 diwakili Bapak A. Rahim. SH, Kasi Pelayanan dan Kesos Kelurahan Pasar 1 Muara Enim.

Selain itu hadir juga Ketua RW 02 Kemayoran Fideraini. Z, Joko Budi Santoso dari Csr PAMA, Pemimpin BSB Benny Maryanto yang diwakili Aziza Septica Utami, serta Ketua RT di Lingkungan RW 02 Kemayoran, Perwakilan dari Pondok Seni Budaya ANANANGUAI Muara Enim Hasdy Sopyan, Apriansyah dan Anggota lainnya.

Pelatihan Batik Tulis ini terselenggara atas dukungan Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Bank Sumsel Babel Muara Enim, PT Pamapersada Nusantara MTBU, dan Kantor Notaris A. Dessi Puspa Asni. SH.KN.CTL.

Pada saat yang sama, CSR Officer PAMA Joko Budi Santoso juga menyampaikan dukungan atas giat ini.

“PT Pama sangat mendukung pelatihan ini, kami harap nantinya apapun permasalahan dan kendala kedepannya bisa berkoordinasi dengan pihak kami dan juga kepada pak Totok dari pihak RBS, intinya awali dulu dengan niat yang sungguh-sungguh, mudah-mudahan dari niat yang baik segalanya akan di permudah,semoga pelatihan ini bisa membuahkan hasil dan bisa membantu pendapatan ekonomi keluarga.

Sedangkan Pemimpin Bank Sumsel Babel cabang Muara Enim yang diwakili oleh Aziza Septica Utami juga menyampaikan, BSB sangat mendukung kegiatan pelatihan batik tulis ini, apalagi ini adalah kegiatan positif yang dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru