25.1 C
Palembang
Thursday, 25 July 2024
spot_img
spot_img
SUMSELMuara EnimPeduli terhadap Lingkungan, PAMA Tanami 700 Pohon Disekitar Aliran Sungai Enim

Peduli terhadap Lingkungan, PAMA Tanami 700 Pohon Disekitar Aliran Sungai Enim

Baca juga

MUARAENIM,POJOKSUMSEL – PT Pama Persada Nusantara (PAMA) Job Site Muara Enim meningkatkan kepedulian perusahaan kepada lingkungan sekitar. Sebanyak 700 batang pohon ditanam disepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Enim wilayah Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim. Kegiatan tersebut sudah dilakukan pekan lalu melibatkan unsur pemerintah daerah, CSR PT Bukit Asam, Komunitas, dan lingkungan pendidikan.

Koordinator CSR PT PAMA, Faisal Imron mengatakan, sebagai bentuk kepedulian sosial, serta dalam rangka menindaklanjuti instruksi pemerintah daerah Kabupaten Muara Enim mengenai keterlibatan perusahaan membantu melestarikan ekosistem disekitar daerah aliran sungai enim. Maka kali ini PAMA berkontribusi memberikan bantuan 700 bibit tanaman buah yang ditanam di sepanjang daerah aliran sungai enim yang melintasi Kecamatan Lawang Kidul.

“Ini merupakan mandat dari Pemda Muara Enim melalui DLH, untuk membantu program dalam rangka mengurangi pengikisan tanah di sekitar aliran sungai enim. Pama mendapat tugas di sekitar Kecamatan lawang Kidul,”ungkap Faisal,(19/3/2020).

Kegiatan penanaman pohon berlangsung, Rabu (18/3/2020) lalu itu mendapat tanggapan positif dari pemerintah daerah Kabupaten Muara Enim. Pemerintah Daerah meminta kepada berbagai pihak, termasuk masyarakat untuk turut menjaga ekosistem yang ada di sekitar Sungai Enim, untuk keberlangsungan hidup anak cucu kedepan.

Acara penanaman pohon di sekitar DAS enim desa Keban Agung.
Acara penanaman pohon di sekitar DAS enim desa Keban Agung.

“Dengan adanya kegiatan ini bisa menggugah perusahaan lain untuk ikut berkontribusi, serta bisa merubah mainset masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan disekitar sungai enim,”kata Mediana, selaku Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Muara Enim.

Salah satu karyaman PAMA sedang menanam pohon di sekitar DAS enim desa Keban Agung
Salah satu karyaman PAMA sedang menanam pohon di sekitar DAS enim desa Keban Agung.

Lokasi yang dipilih untuk penanaman pohon tersebut adalah sekitar Desa Keban Agung Kecamatan Lawang Kidul. Fajrul Bahri, selaku kepala desa Keban Agung mengungkapkan, wilayahnya sukses menjadi percontohan Program Kampung Iklim (Proklim) berkat mendapat dukungan PT Pama Persada Nusantara. Kemudian, kata Fajrul, penghijauan ini sudah selaras dengan visi misi program kampung iklim tersebut.

“Kami ucapkan terima kasih kepada PT Pama atas bantuan selama ini, dan mudah-mudahan adanya program penghijauan ini untuk mewujudkan Desa Kebam Agung bersih, rapi, indah, dan Lestari bagi anak cucu nanti,”ungkap Fajrul.(AH)

Artikel lainnya

Artikel Terbaru