27.1 C
Palembang
Wednesday, 28 February 2024
spot_img
SUMSELMuara EnimPlt Bupati Muara Enim Salat Idul Adha 1444 H Bersama Masyarakat di...

Plt Bupati Muara Enim Salat Idul Adha 1444 H Bersama Masyarakat di Masjid Agung

Baca juga

MUARA ENIM, POJOKSUMSEL.COM – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah, S.H, LL.M., LL.M., Ph.D., melaksanakan Salat Idul Adha 1444 Hijriah bersama masyarakat Bumi Serasan Sekundang, Kamis (29/06) di Masjid Agung Muara Enim.

Plt Bupati Kaffah hadir bersama Istri yang juga Plt Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim, Nurul Vita Utami Kaffah, S.E., dan keluarga, untuk melaksanakan Salat Idul Adha bersama-sama dengan masyarakat dan pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Muara Enim.

Sesaat sebelum melaksanakan Salat Idul Adha, Plt Bupati Kaffah mengucapkan selamat Hari Raya Kurban 1444 Hijriah, sekaligus menuturkan permohonan maaf lahir dan batin kepada seluruh masyarakat Bumi Serasan Sekundang.

Plt Bupati Kaffah Salat Idul Adha Bersama Keluarga di Masjid Agung Muara Enim
Plt Bupati Kaffah Salat Idul Adha Bersama Keluarga di Masjid Agung Muara Enim.

Dalam kesempatan tersebut juga, Plt Bupati menghimbau kepada masyarakat untuk memaknai Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah sebagai wadah untuk menggelorakan nilai-nilai keihlasan, yang menjadi makna dari pada Hari Raya Kurban itu sendiri, yakni dalam menjalankan tugas dan pengabdian, baik itu dalam pekerjaan maupun sebagai khalifah umat Nabi Muhammad SAW dengan keikhlasan karna Allah SWT.

Plt Bupati Muara Enim Salat Idul Adha 1444 H Bersama Masyarakat di Masjid Agung Muara Enim

Tak lupa, dirinya juga mendoakan para Jamaah Haji dari Kabupaten Muara Enim yang saat ini sedang menjalankan Ibadah Haji agar diberi kesehatan dan menjadi haji yang mabrur.

Sambutan Plt Bupati Muara Enim Saat Salat Idul Adha 1444 H di Masjid Agung
Sambutan Plt Bupati Muara Enim Saat Salat Idul Adha 1444 H di Masjid Agung.

“Minalaidinwalfaidzin mohon maaf lahir dan batin, titip salam untuk orang tercinta di rumah, semoga kita semua diberi kesehatan agar dipertemukan di Hari Raya Idul Adha ditahun yang akan mendatang,” tandasnya.

Beliau mengajak semua untuk berdoa bersama agar masyarakat di Bumi Serasan Sekundang dan seluruh Indonesia dijauhkan dari bencana, serta Kabupaten Muara Enim ini dapat terus membangun demi kesejahteraan rakyat dan menjadi negeri yang diridhai Allah SWT.

Salat Idul Adha 1444 H di Masjid Agung Muara Enim
Salat Idul Adha 1444 H di Masjid Agung Muara Enim

Dalam pantauan, pelaksanaan Salat Idul Adha berlangsung dengan khidmat. Adapun petugas Salat Idul Adha sebagai Imam Ustd. Bakrin Abu Sahad El Ghomidi Al Hafizh (Imam Besar Masjid Agung), sebagai Khotib Ustd. H. Taufik Hidayat, S.Ag., M.Kom., Pimpinan Ponpes Laa Roiba Muara Enim.

Plt Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim, Nurul Vita Utami Kaffah, S.E.,
Plt Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim, Nurul Vita Utami Kaffah, S.E.,.

Usai melaksanakan Salat Idul Adha, Plt Bupati Kaffah bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Muara Enim Nurul Vita Utami Kaffah, S.E., beserta unsur Forkopimda, Asisten I, Asisten III serta kepala OPD lingkup Pemkab Muara Enim saling bermaaf-maafan, kemudian langsung meninjau dan melakukan penyembelihan hewan kurban, yang mana 1 ekor hewan Sapi qurban sumbangan dari Bupati dan keluarga.

“Sebaiknya pelaksanaan penyembelihan hewan kurban dilakukan dengan tertib, termasuk pembagiannya harus merata dan teratur,” pesannya.

Beliau menambahkan, perayaan Salat Idul Adha 1444 Hijriah ini adalah kesempatan untuk mengambil hikmah dari kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Keduanya berhasil mengalahkan hawa nafsu demi menjalankan tauhid dan menunjukkan pengorbanan serta kesetiaan kepada Allah SWT.

Plt Bupati Kaffah di Lokasi Penyembelihan Hewan Qurban di Halaman Masjid Agung
Plt Bupati Kaffah di Lokasi Penyembelihan Hewan Qurban di Halaman Masjid Agung.

“Idul Adha juga mengajarkan kita untuk saling berbagi, memperkuat tali persaudaraan di antara sesama masyarakat, meningkatkan kepekaan dalam kehidupan bersosial dan bernegara, termasuk bagi para aparatur pemerintahan agar tetap konsisten dan setia dalam mendedikasikan diri untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya serta menyukseskan seluruh program pembangunan daerah,” tutupnya

Plt Bupati Kaffah Meninjau Lokasi Penyembelihan Hewan Qurban di Halaman Masjid Agung
Plt Bupati Kaffah Meninjau Lokasi Penyembelihan Hewan Qurban di Halaman Masjid Agung.

Selesai penyembelihan hewan qurban, Bupati dan rombongan serta Pengurus Masjid Agung sarapan pagi bersama di Sekretariat TPA Masjid Agung Muara Enim.

Plt Bupati Kaffah Sarapan Pagi Bersama di Sekretariat TPA Masjid Agung Muara Enim
Plt Bupati Kaffah Sarapan Pagi Bersama di Sekretariat TPA Masjid Agung Muara Enim.

Selanjutnya, beliau melanjutkan acara dengan menyelenggarakan silaturahmi dan halal bi halal bersama jajaran perangkat daerah dan masyarakat di Balai Agung Serasan Sekundang (BASS) Muara Enim yang terbuka untuk umum.

 

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Artikel Terbaru