26.1 C
Palembang
Sunday, 19 May 2024
spot_img
spot_img
SUMSELMuara EnimKPK Tetapkan Desa Muara Gula Baru Sebagai Desa Antikorupsi Tingkat Nasional

KPK Tetapkan Desa Muara Gula Baru Sebagai Desa Antikorupsi Tingkat Nasional

Baca juga

Muara Enim, Pojoksumsel.com – Desa Muara Gula Baru, Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Muara Enim akhirnya berhasil menyandang predikat desa percontohan Desa Antikorupsi Tingkat Nasional Tahun 2023 oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI. Predikat dan kabar membanggakan ini datang dari Bumi Etam, Provinsi Kalimantan Timur, yakni dalam Peluncuran Desa Antikorupsi Tahun 2023 tepatnya di Desa Tengin Baru, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Selasa pagi (28/11).

Disaksikan Pj. Bupati Muara Enim, Dr. H. Ahmad Rizali, M.A., dan Pj. Ketua TP. PKK Kabupaten Muara Enim, Dr. dr. Rose Mafiana Rizali, Sp. An., piala dan sertifikat penghargaan diterima Kepala Desa Muara Gula Baru, Suluhuddin, S.I.P., dari Direktur Pembinaan Peran Serta Masyarakat (PPM) KPK, Kumbul Kusdwijanto Sudjadi.

Kepala Desa Muara Gula Baru Menerima Piala dan Sertifikat Penghargaan Desa Antikorupsi Nasional 2023
Kepala Desa Muara Gula Baru Menerima Piala dan Sertifikat Penghargaan Desa Antikorupsi Tahun 2023.

Pj. Bupati didampingi Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Drs. Rachmad Noviar dan Kepala Dinas Perikanan, Muflih, S.STP., M.H., menyampaikan rasa syukur dan bangga atas terpilihnya Desa Muara Gula Baru sebagai Desa Antikorupsi Tingkat Nasional.

Apalagi menurutnya ini merupakan satu-satunya dan pertama di Provinsi Sumatera Selatan. Dirinya menjelaskan bahwa terpilihnya Desa Muara Gula Baru ini setelah melewati beberapa tahapan, baik seleksi maupun verifikasi lapangan dari Tim KPK melalui evaluasi dan observasi terhadap implementasi 5 indikator serta 18 subindikator budaya antikorupsi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

Pj Bupati Muara Enim Bersama Kades Muara Gula Baru dan Dinas Terkait dalam Acara Peluncuran Desa Antikorupsi Tahun 2023
Pj Bupati Muara Enim Bersama Kades Muara Gula Baru dan Dinas Terkait dalam Acara Peluncuran Desa Antikorupsi Tahun 2023.

Lebih lanjut Pj. Bupati berharap Desa Muara Gula Baru dapat memotivasi desa-desa lainnya, baik di Bumi Serasan Sekundang maupin di Sumatera Selatan dalam penerapan penyelenggaraan pemerintahan desa yang bersih dengan melibatkan peran serta masyarakatnya.

Sementara itu Direktur PPM KPK menekankan pencegahan korupsi harus juga menjadi tanggung jawab aparatur pemerintahan desa, baik pemerintah desa, BPD maupun elemen masyarakat sehingga diperlukan komitmen bersama seluruh unsur di desa, seperti halnya yang telah dilaksanakan di Desa Muara Gula Baru.

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru