25.1 C
Palembang
Sunday, 26 May 2024
spot_img
spot_img
NewsSUMSELPemda Muara Enim Jembatani Pelaku UMKM Dengan Industri Usaha

Pemda Muara Enim Jembatani Pelaku UMKM Dengan Industri Usaha

Baca juga

MUARA ENIM, POJOKSUMSEL – Sebagai bentuk perhatian Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Muara Enim kepada pelaku Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) diwilayahnya. Melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) menggelar kegiatan sosialisasi dan fasilitasi pembinaan usaha kepada 30 peserta dari UMKM bidang pangan. Supaya terwujudnya kerjasama strategis antara usaha besar dengan pelaku UMKM. Acara ini berlangsung dengan protokol kesehatan covid-19 ketat, di Hotel Griya Serasan Sekundang Muara Enim.
Plt bupati Muara Enim, H Juarsah SH membuka kegiatan ini diwakili Kepala Dinas DPMPTSP H Sofyan Aripanca Skom MSi mengatakan, adanya acara ini dapat meningkatkan daya saing usaha UMKM, serta adanya kemitraan antara pelaku UMKM dengan dunia industri yang ada di Kabupaten Muara Enim.
“Acara ini mempunyai nilai positif dengan harapan ada peningkatan kelas dari usaha kecil ke menengah, lalu besar. Serta diharapkan juga ada kemitraan dengan perusahaan yang ada di Kabupaten Muara Enim,”terang Sofyan.
Melalui program ini juga, lanjut Sofyan, untuk mendukung visi misi Kabupaten Muara Enim MERAKYAT, Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat, dan Sejahtera. Sehingga, imbuh dia, menambah wawasan, serta ilmu bagi para peserta dalam mengembangkan usaha.
“Melalui kegiatan ini pula akan membuka pemasaran bagi UMKM, dan melalui program kemitraan juga pelaku UMKM bisa mendapatkan modal usaha, serta bisa difasilitasi pemasaran oleh Dinas Perdagangan, Dinas Koperasi dan UMKM serta pengembangan usaha,”kata dia.
Sementara itu, Kabid Deregulasi Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal, Zaldi Azwar SE MSi menjelaskan, pelaku UMKM perlu mendapatkan pengetahuan tentang tahapan-tahapan dalam pengembangan usaha, terutama yang akan melakukan kemitraan dengan pemerintah, maupun industri, dan perbankan. Melalui kegiatan inilah diharapkan bisa terjalin komunikasi, dan kerjasama antara pelaku usaha dengan stek holder tersebut.
“Melalui kegiatan ini, kami jembatani antara UMKM dengan pemda, dan industri, serta perbankan dalam pengembangan usaha. Sesuatu dengan visi misi Pemda Muara Enim,”kata Zaldi.(AH)

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru