27.1 C
Palembang
Wednesday, 28 February 2024
spot_img
KesehatanPj Bupati Rizali Ajak Kolaborasi GENIUS untuk Peningkatan Gizi dan Kesehatan Anak...

Pj Bupati Rizali Ajak Kolaborasi GENIUS untuk Peningkatan Gizi dan Kesehatan Anak Sekolah

Baca juga

Muara Enim, Pojoksumsel.com – Pj. Bupati Muara Enim H Ahmad Rizali menghadiri kegiatan Gerakan Edukasi dan Pemberian Pangan Bergizi (GENIUS) bagi siswa di SDN 10 Belimbing, Kabupaten Muara Enim pada Jumat (10/11).

Pada kesempatan itu, Pj. Bupati Muara Enim hadir didampingi Ketua TP PKK Muara Enim, Hj Rose Mafiana yang mana keduanya secara simbolis Pemberian Pangan Bergizi kepada perwakilan siswa (GENIUS) SDN 10 Belimbing dan pemberian bingkisan Stunting kepada anak balita.

Kapala Dinas Ketahanan Pangan Sumsel, Ruzuan Efendi menjelaskan bahwa GENIUS bertujuan meningkatkan kualitas generasi emas melalui edukasi dan pemberian pangan bergizi di 15 Sekolah Dasar di Sumatera Selatan, termasuk SDN 10 Belimbing.

“Dalam kurun waktu dua tahun ke depan, program ini akan terus berlanjut dengan menyasar 10 menu pangan bergizi yang dibagikan kepada siswa sebanyak 20 kali hingga 24 November 2023. Pada hari ini, pembagian kudapan ke-14 dilakukan secara serentak di seluruh sekolah, memperkenalkan olahan protein hewani yang disukai anak-anak,” ungkapnya

Pj. Bupati Muara Enim, Ahmad Rizali, menyoroti pentingnya ketahanan pangan dan gizi sebagai isu strategis nasional. Ia mengungkapkan bahwa Badan Pangan Nasional, bersama para pihak, terus berupaya menguatkan ekosistem pangan dari hulu hingga hilir.

Ahmad Rizali juga menekankan pentingnya kolaborasi lintas sektor dan kementerian/lembaga terkait pangan untuk mencapai keberhasilan dalam pencapaian target pembangunan pangan.

“Meskipun terdapat 140 desa agak rentan dan agak tahan pangan di Kabupaten Muara Enim, fokus pada anak usia sekolah menjadi prioritas dalam upaya mengatasi rawan pangan dan gizi,” ucap Pj. Bupati.

Untuk diketahui, pada tahun 2023, GENIUS tidak hanya dijalankan di Kabupaten Muara Enim. Program ini juga melibatkan Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Gizi Indonesia dan Universitas Sriwijaya Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Kegiatan GENIUS di Kabupaten Muara Enim, dengan alokasi di tiga Sekolah Dasar, menyasar 500 siswa. Melalui kolaborasi yang erat, program ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam persiapan Generasi Emas Indonesia 2045 melalui peningkatan kesehatan dan gizi anak usia sekolah.

Pj Bupati Rizali Ajak Kolaborasi GENIUS untuk Peningkatan Gizi dan Kesehatan Anak di SDN 10 Belimbing, Kabupaten Muara Enim
Pj Bupati Rizali Ajak Kolaborasi GENIUS untuk Peningkatan Gizi dan Kesehatan Anak di SDN 10 Belimbing, Kabupaten Muara Enim.

Hadir diantaranya Kadin Ketahaan Pangan Sumsel, Ketua TP PKK, Staf Ahli, dan Kepala OPD lingkup Kabupaten Muara Enim.

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Artikel Terbaru