25.1 C
Palembang
Friday, 26 April 2024
spot_img
spot_img
SUMSELMuara EnimMasyarakat Tanjung Karangan Tanjung Agung Bentuk Desa Peduli Bencana

Masyarakat Tanjung Karangan Tanjung Agung Bentuk Desa Peduli Bencana

Baca juga

TANJUNG AGUNG, POJOKSUMSEL – Dalam rangka siaga terhadap peristiwa bencana di wilayah Desa Tanjung Karangan Kecamatan Tanjung Agung. Pemerintah setempat mengantisipasi, memiliki personel untuk siap siaga jika diperlukan melalui program Desa Peduli Bencana (Deslina). Persiapan maupun pelatihan sudah dilaksanakan jauh sejak terjadinya pandemi covid-19 ini.

Kepala Desa Tanjung Karangan, Nasni Balkis menerangkan, Deslina ini dibentuk bekerjasama dengan BPBD Kabupaten Muara Enim sebagai pembinanya. Semua personel pun direkrut secara sukarelawan dan sudah diberikan pelatihan dalam menghadapi situasi bencana dalam rangka penyelamatan.

“Jauh sebelum covid-19, Desa Tanjung Karangan selain desa Proklim, kita juga membentuk Desa Peduli Bencana (Deslina) dengan personel 30 orang,”kata Nasi Balkis, Minggu (6/9/2020).

Ia menambahkan, dibentuknya Deslina ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah desa sesuai dengan arahan pemerintah Kabupaten Muara Enim. Dalam rangka mengatasi secara dini jika diwilayahnya terjadi musibah bencana seperti korban hanyut di sungai, kebakaran lahan, maupun penyelamatan bencana kebakaran rumah warga. Sebelum datangnya bantuan dari pemerintah daerah maupun pihak swasta.

“Inspirasi nya desa siaga bencana dan peduli bencana, untuk mengantisipasi bencana banjir, kebakaran, tanah longsor korban hanyut termasuk covid 19 selain cepat melapor ke BPBD kabupaten, kita di bekali untuk pertolongan pertama sembari nunggu bantuan dari BPBD Muara Enim,”imbuhnya.

Sementara itu, Jay (40), salah satu personel mengungkapkan, selain untuk pengamanan wilayah ikutnya bergabung dalam Desa Peduli Bencana ini untuk krmanusiaan. Ia berharap masyarakat ikut waspada akan potensi bencana yang ada dan bisa kapan saja terjadinya.

“Tentunya program ini perlu diketahui masyarakat supaya bisa waspada. Dengan begitu masyarakat bisa tahu tindakan yang harus dilakukan untuk penyelamatan diri maupun keluarga,”katanya.(AH)

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru