30.1 C
Palembang
Saturday, 8 June 2024
spot_img
spot_img
SUMSELMuara EnimDorong Menjadi Desa Mandiri Energi, The KREASS dan Warga Gelar Soft Launching...

Dorong Menjadi Desa Mandiri Energi, The KREASS dan Warga Gelar Soft Launching PLTMH di SDN 14 Rantau Dedap

Baca juga

Muara Enim, Pojoksumsel.com – Dorong Menjadi Desa Mandiri Energi, The KREASS dan Warga Gelar Soft Launching Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) pada hari Selasa (04/06/2024) di SDN 14 Rantau Dedap, Kecamatan Semendo Darat Ulu, Muara Enim.

Kegembiraan dan semangat kebersamaan nampak terpancar dalam gelaran tersebut. Totok AH, selaku koordinator The KREASS, menjelaskan bahwa tujuan utama kegiatan ini sebenarnya untuk menyemangati dan mengapresiasi terobosan kemandirian warga lokal bersama banyak pihak, guna menjawab keterbatasan energi listrik di desa paling hulu dari Kabupaten Muara Enim ini.

Antusias Masyarakat menghadiri Soft Launching PLTMH di SDN 14 Rantau Dedap, SDU Muara Enim
Antusias Masyarakat menghadiri Soft Launching PLTMH di SDN 14 Rantau Dedap, SDU Muara Enim

“Giat ini adalah bentuk support terhadap warga dan semua pihak yang telah terlibat dalam proses pembuatan PLTMH yang saat ini dalam proses penyelesaian,” ujar Totok.Dia menambahkan bahwa secara umum, proyek ini dapat menjadi contoh dari usaha kemandirian energi, terutama bagi daerah lain yang masih banyak belum tersentuh, khususnya oleh pasokan listrik negara.

Proyek ini sendiri merupakan bentuk pengabdian masyarakat, yang dilakukan oleh 32 mahasiswa dan Dosen pakar Mikrohidro dari UMP dengan menerapkan teknologi Model Turbin Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) di Rantau Dedap.

Civitas Akademika Prodi Teknik Elektro FT UM Palembang (Foto dari Kiri M. Rizqi Wibowo, Ir. Zulkifli Saleh, M.Eng dan Pajar Agustian)
Civitas Akademika Prodi Teknik Elektro FT UM Palembang (Foto dari Kiri M. Rizqi Wibowo, Ir. Zulkifli Saleh, M.Eng dan Pajar Agustian)

Dosen FT UMP, Ir. Zulkifli Saleh, M.Eng mengungkapkan, keterlibatan mahasiswa dalam program ini merupakan wujud kepedulian mahasiswa atas permasalahan yang dihadapi masyarakat di lapisan bawah, dengan mengimplementasikan ilmu yang diperolehnya dalam bentuk perancangan dan pembangunan PLTMH.

“Kapasitas PLTMH yang dibangun oleh mahasiswa ini sebesar 10.000 Watt yang diharapkan dapat memenuhi listrik untuk mendukung proses belajar mengajar di SDN 14 Rantau Dedap”, ujarnya.

Dalam kesempatan sambutannya, Kepala SDN 14 Rantau Dedap berterima kasih kepada semua pihak yang telah mewujudkan mimpi mereka memiliki Listrik dengan penuh harapan.

“Dengan adanya listrik, maka SDN 14 Rantau Dedap sangat terbantu guna mendukung proses belajar mengajar, dan selanjutnya bisa melek digital dan mengakses informasi melalui internet guna mendapatkan literasi dan referensi”, kata Zul Fikri.

Ditempat lain, Hazairiadi, Site Support Superintendent PT Supreme Energy Rantau Dedap (PT SERD), melalui Jhanson Parliatan dari Divisi External Relation, juga menyatakan bahwa Proyek PLTMH yang digagas oleh mahasiswa Elektro Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) ini wajib didukung berdasarkan prinsip gotong royong bersama masyarakat Dusun Yayasan, sehingga dari sini juga mampu menarik perhatian serius semua pihak atas kemajuan sektor pendidikan dan infrastruktur, khususnya di Dusun ini.

Civitas UMP, Masyarakat dan tim Supreme Energi Rantau Dedap.jpeg
Civitas UMP, Masyarakat dan tim Supreme Energi Rantau Dedap

Selain itu, Susanto Syakrowi, Maintenance Superintendent PT SERD yang ditemui saat bersama tim UMP menambahkan, kesiapan perusahaan untuk mendukung dan bergotong royong dalam program ini dengan mengirimkan tim teknis ahli, berdiskui, serta memberikan bantuan material, peralatan, dan dana yang dibutuhkan demi kelancaran program kolaborasi ini.

Acara Soft Launching dihalaman SDN 14 Rantau Dedap yang dihadiri seluruh siswa/wali siswa dan para tokoh serta warga setempat ini juga diisi sambutan oleh Camat Semende Darat Ulu dan presentasi PLTMH oleh Dosen Ahli UMP, sekaligus mewakili pihak Rektorat UMP. Serta kemeriahan acara melibatkan apresiasi akustik dan gelar puitisasi dari siswa-siswi SDN 14 dibawah bimbingan Sanggar Gending Muara Enim.

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru