22.9 C
Palembang
Sunday, 8 September 2024
spot_img
spot_img
SUMSELLubuklinggauPetugas Lapas Lubuklinggau Gagalkan Napi yang Mencoba Kabur

Petugas Lapas Lubuklinggau Gagalkan Napi yang Mencoba Kabur

Baca juga

RD Sukmana
RD Sukmanahttps://pojoksumsel.com
RD Sukmana merupakan wartawan senior yang lebih suka menyebut dirinya seniman kata-kata daripada wartawan, karena baginya wartawan memiliki filosofi yang sangat luhur.

PojokSumsel.com – Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Lubuklinggau berhasil menggagalkan dua narapidana yang mencoba kabur dari Lapas Kelas IIA Lubuklinggau pada Minggu (26/06).

Diketahui kedua pelaku kabur dengan cara menjebol plafon dan atap Lapas Lubuklinggau. Hal ini terlihat jelas dari atap plafon yang jebol dan rusak. Petugas lapas bereaksi cepat dengan mengejar dan berhasil mengamankan dua narapidana tersebut.

Kalapas Kelas IIA Lubuklinggau, Ika Prihadi Nusantara menjelaskan, memang benar ada dua narapidana yang berusaha untuk kabur, namun berkat kesigapan petugas lapas, narapidana tersebut bisa diamankan. “Bersyukur kita petugas keamanan yang selalu kontrol terbukti efektif,” ucap Kalapas kepada wartawan, Senin (27/06).

Kronologinya, Minggu sore sekitar pukul 16.00 WIB ada dua narapidana yang berusaha untuk kabur, namun langsung diketahui oleh Kepala Pengamanan Lapas Lubuklinggau (KPLP) D. Krihastoni.  Bersama petugas jaga lainnya, dua napi tersebut berusaha kabur melalui plafon, namun tersangkut di kawat duri ketika jatuh, sementara petugas lapas sudah menunggu di bawah dan langsung mengamankan kedua napi itu.

Kalapas melanjutkan, terkait luka narapidana itu murni tersangkut duri kawat akibat jatuh dari ketinggian saat berusaha untuk kabur, bukan ditembak. “Makanya, secepatnya kami obati dengan merujuk ke rumah sakit,” ujar Ika.

“Alhamdulillah kawan-kawan petugas solid di lapangan sehingga usaha narapidana untuk kabur berhasil digagalkan, saya secara pribadi mengapresiasi petugas Lapas Kelas II Kota Lubuklinggau, walaupun dengan keterbatasan SDM diperparah dengan over kapasitas yang luar biasa, mereka masih bisa bekerja secara maksimal,” imbuhnya.

Ika juga mengatakan, terkait permasalahan ini sudah dilaporkan kepada Kakanwil di Palembang. “Mohon doanya, semoga ke depannya kami diberikan kesehatan dan kekuatan untuk tetap memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat,” tutup Kalapas.

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru