26.1 C
Palembang
Wednesday, 12 June 2024
spot_img
spot_img
INFO COVID-19Disdik Muara Enim Giatkan Literasi Baca Tulis Alquran di Sekolah

Disdik Muara Enim Giatkan Literasi Baca Tulis Alquran di Sekolah

Baca juga

Jeri
Jerihttps://pojoksumsel.com
Pria ini menyukai dunia teknologi dan otomotif. Bermimpi punya sebuah laptop seharga 50 jutaan. Kesehariannya banyak dihabiskan didepan laptop. IT Maintenance, menulis di kategori Teknologi dan Otomotif adalah kontribusinya di PojokSumsel.com.

MUARA ENIM, POJOKSUMSEL – Sukses menyelenggarakan Khotmil Quran secara daring menggunakan aplikasi zoom. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muara Enim siap mendukung program pemerintah daerah mewujudkan masyarakat yang Agamis. Dalam upaya mensukseskan program satu desa satu rumah tahfiz quran, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Irawan Submidi SPd SMn MM meminta sekolah-sekolah dinaunginya untuk mulai mengembangkan literasi Baca Tulis Alquran (BTA) di masing-masing jenjang pendidikan PAUD, SD, dan SMP.

“Minat baca Alquran perlu kita tingkatkan lagi, dari 117 ribu siswa hanya 2.228 siswa yang mau ikut Khotmil Alquran yang kita selenggarakan secara virtual zoom disaksikan bapak Plt bupati H Juarsah SH beberapa waktu lalu. Artinya, sasaran kita masih banyak, dan menjadi PR kita untuk giatkan Literasi Baca Tulis Alquran di lingkungan sekolah. Supaya anak-anak selesai lulus dari SMP semua bisa baca tulis alquran,”ungkap Irawan, Senin (28/9/2020).

Menurutnya, sekolah harus mendorong guru agama islam untuk meningkatkan kemampuan baca tulis Alquran semua siswanya yang beragama muslim, dan mulai mengenalkan Alquran kepada anak sejak usia dini di lembaga pendidikan Paud. Adanya program BTA di lingkungan pendidikan merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten Muara Enim untuk meningkatkan minat baca Alquran masyarakat yang masih rendah. Irawan menginginkan melalui program BTA ini menjadikan para pendidik mampu memotivasi lingkunganya menjadikan baca tulis Alquran sebagai budaya.

“Bahkan melalui program BTA ini, bisa memotivasi minat baca Alquran di dalam rumah, sehingga bisa menjadi budaya di lingkungan keluarga juga,”katanya.
Irawan mengatakan, Plt bupati Muara Enim sangat mendukung kegiatan Khotmil Quran ini untuk menjadi agenda rutin dinas pendidikan dan kebudayaan. Sehingga gerakan untuk mensukseskan BTA ini harus secepatnya dapat diterapkan di sekolah masing-masing.

“Melalui khotmil quran ini bisa jadi tolak ukur bagi peserta didik dalam membiasakan diri membaca Al Quran. Harapan kami kegiatan ini dapat membawa anak-anak kita menjadi anak yang soleh dan soleha,”ucap Irawan.(RD)

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru