26.1 C
Palembang
Thursday, 25 July 2024
spot_img
spot_img
NewsBisnisHUT MIND ID, Bukit Asam Bantu Alat PCR Covid-19

HUT MIND ID, Bukit Asam Bantu Alat PCR Covid-19

Baca juga

MUARA ENIM, POJOKSUMSEL – MIND ID (Holding BUMN Pertambangan) memasuki usia 3 tahun. PT Bukit Asam (PTBA) Tbk menyalurkan bantuan bangun laboraturium Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk Rumah Sakit Bukit Asam Medika (BAM), serta kepada pemda Muara Enim membantu pengadaan PCR.

Bantuan diserahkan langsung oleh Direktur Utama, Arviyan Arifin kepada Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Muara Enim, H Juarsah, SH selaku Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Muara Enim, di RSBAM Tanjung Enim, Selasa (10/11/2020).

Nilai rupiah yang untuk kegiatan tersebut adalah Rp 5,09 miliar, kegiatan ini sekaligus untuk menyemarakkan Charity Week we explore ke-3 Mind ID. Renovasi laboratorium PCR Rp 596.890.000,-, dan pengadaan alat PCR Rp 4.499.808.181,- dengan rincian berupa penyediaan mesin M2000 system senilai Rp 4,1 miliar, BSC II A senilai Rp 161,7 juta, freezer, mikropipet 1000 UI 2 set, Vortec Boeco V2H, dan Reagen 1 kit 96 tes full.

“Semoga dengan adanya alat PCR ini, dapat memitigasi penyebaran Covid -19 di Tanjung Enim,”kata Arviyan.

Arviyan menuturkan PTBA secara aktif terus berkontribusi dalam memerangi wabah Covid-19 sejak awal pandemi melanda negeri ini. Hingga Agustus 2020, dana CSR yang disalurkan oleh PTBA untuk penanganan wabah Covid-19 mencapai Rp 15,3 miliar.

Selain itu, bantuan ke masyarakat diberikan tidak hanya untuk warga sekitar area pertambangan PTBA yang berada di Kabupaten Muara Enim, Kota Lahat, dan Prabumulih. Namun juga untuk warga yang berada di provinsi lainnya di Sumatera melalui Penugasan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Bina Lingkungan Insidentil.

Hingga saat ini PTBA terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19. Mulai dari membiasakan cuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, etika saat batuk, dan lainnya.

“Terima kasih saya ucapkan kepada Bapak Plt Bupati Muara Enim atas support yang selama ini diberikan kepada PTBA. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan dihindarkan dari Covid-19,” tutup Arviyan.

Sementara itu, Plt Bupati Muara Enim mengapresiasi bantuan PT Bukit Asam dalam rangka ulang tahun MIND ID tahun ini.

“Alat ini sangat penting dalam rangka antisipasi Covid-19. Dengan ketatnya protokol kesehatan, kondisi Covid-19 di Muara Enim sudah cukup baik, banyak yang sudah sembuh, semoga segera hilang sepenuhnya. Terima kasih kepada PTBA yang sangat peduli terhadap penanganan Covid-19 di Kabupaten Muara Enim,” ungkap Plt. Bupati.

Melalui Corporate Sosialy Responsibility (CSR) juga membagikan 1.050 paket Rosella, 2100 masker batik kujur untuk 7 Desa yang berada di Kecamatan Lawang Kidul, masing – masing desa menerima 150 paket Rosella dan 300 batik kujur. Pemberian rosella dan pembagian masker merupakan langkah PTBA membantu Pemerintah dalam upaya memutus mata rantai Covid-19 khususnya di kabupaten Muara Enim.(RD)

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru