31.1 C
Palembang
Tuesday, 30 April 2024
spot_img
spot_img
SUMSELMuara EnimBupati Muara Enim Sidak OPD di Hari Pertama Kerja

Bupati Muara Enim Sidak OPD di Hari Pertama Kerja

Baca juga

RD Sukmana
RD Sukmanahttps://pojoksumsel.com
RD Sukmana merupakan wartawan senior yang lebih suka menyebut dirinya seniman kata-kata daripada wartawan, karena baginya wartawan memiliki filosofi yang sangat luhur.

MUARA ENIM,POJOKSUMSEL – Mengawali tahun 2021, Bupati Muara Enim H Juarsah SH didampingi Penjabat Sekretaris Daerah dr H Yan Riyadi MARS melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) dan instamsi di lingkup Pemkab Muara Enim, Senin (04/01/2021).

Dalam sidak ini, Juarsah mengecek absensi dan daftar hadiran aparatur sipil negara (ASN) ataupun pegawai Kesepakatan Kerja Waktu Tertentu (KKWT) yang ada di OPD yang disambanginya.

Pada kesempatan ini, Juarsah tidak mendapati satu pun anak buahnya bolos masuk kerja dan ia mengklaim kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) mencapai 100 Persen.

“Absensi hari ini 100 persen hadir, saya pikir tadinya ada di pasca libur tahun baru ini banyak yang bolos,”kata Juarsah saat diwawancarai disela kegiatan sidak di RSUD HM Rabain kota Muara Enim.

Awalnya Juarsah menduga banyak ASN lingkup Kabupaten Muara Enim bolos kerja pasca menjalani libur akhir tahun. Namun dugaan tersebut ternyata tidak ia temukan karena seluruh ASN dipastikan masuk kerja.

Diakuinya, absensi pegawai menjadi sorotan utama pihaknya melakukan sidak.

Pada sidak yang juga diikuti oleh kepala BKSDM dan sejumlah OPD terkait diawali dengan mendatangi Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Muara Enim. Dikantor ini, Juarsah melihat langsung jalannya pelayanan masyarakat yang mengurus identitas penduduk.

Disini Juarsah tidak menemukan kendala masyarakat. Namun ada suara keluhan mengenai program pemerintah seperti asuransi kematian yang terlambat cair.

“Keterlambatan itu oleh karena ahli musibah, solusinya kita harus berikan layanan proaktif alias jemput bola, unsur pemerintah paling bawah seperti RT dan kades harus segera mendatangi ahli musibah dengan memberikan format formulir untuk diserahkan ke catatan sipil, sehingga klaim lebih cepat,”ungkapnya.

Sidak dilanjutkan ke Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Muara Enim dan ke Dinas Sosial Muara Enim. Kemudian sidak dilanjutkan kembali ke RSUD dr HM Rabain kota Muara Enim. Dilokasi ini, Juarsah menyempatkan memantau langsung masyarakat yang ingin berobat ataupun yang sedang mendapat perawatan di rumah sakit.
Meski tak mendapati kendala disektor pelayanan, Juarsah menyebut pihak RSUD HM Rabain perlu meningkatkan kembali kebersihan disejumlah fasilitas.

“Selebihnya tidak ada, pasien yang saya tanya mereka jawab puas dengan pelayanan, mengenai fasilitas memang ada beberapa peralatan tidak sesuai atau kurang canggih, kedepannya segera kita support dengan APBD,”terangnya.

Lebih lanjut, Juarsah menegaskan sidak akan tetap rutin dilakukan untuk mengontrol kinerja para ASN dan pelayanan kepada masyarakat.

“Intinya tidak ada temuan, tapi ada beberapa hal yang jadi catatan untuk kita tingkatkan khususnya pada pelayanan masyarakat umum, ini jadi bahan intropeksi dan koreksi masing-masing supaya kinerja lebih baik ditahun 2021,”pungkasnya.(AH)

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru