27.1 C
Palembang
Senin, 2 Agustus 2021
spot_img
NewsBisnisPelaku UMKM Muara Enim Perlu Mendapat Dukungan Dari Semua Pihak

Pelaku UMKM Muara Enim Perlu Mendapat Dukungan Dari Semua Pihak

Baca juga

PALEMBANG, POJOKSUMSEL – Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Muara Enim perlu dukungan dari semua pihak, terutama dari pemerintah dan masyarakat. Sebagaimana di sampaikan oleh Anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan Lia Anggraini SH saat berkunjung di acara Sriwijaya Expo 2021 di Dining Hall Komplek Jakabaring Palembang, Senin (5/7/2021).

Saat berada di Stan milik Kabupaten Muara Enim, Politisi dari Partai Demokrat itu mengungkapkan, semua pihak agar mendukung pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah Kabupaten Muara Enim. Menurutnya, dukungan terhadap pelaku UMKM dari pemerintah daerah maupun masyarakat sangatlah perlu. Salah satu dukungan pemerintah Kabupaten Muara Enim yakni dengan melibatkan pelaku UMKM ikut dalam pameran Sriwijaya Expo 2021 di Palembang sekarang ini. Selain itu, dukungan masyarakat yakni dengan membeli produk-produk dari UMKM yang ada di darahnya sendiri.

“Pemerintah dan masyarakat bisa memprioritaskan belanja barang-barang local dari hasil olahan UMKM. Ini merupakan salah satu bentuk dukungan agar UMKM di Kabupaten Muara Enim terus berkembang,”katanya.

Anggota DPRD Sumsel dari Daerah Pemilihan Kabupaten Muara Enim ini mengatakan, sekarang ini produk seperti batik serasan, kujur, khaman, kopi Semende, serta olahan makanan menjadi andalan di Bumi Serasan Sekundang. Menurutnya, saat pandemic Covid-19 seperti sekarang ini sangat berdampak penghasilan pelaku UMKM di daerah. Karenanya harus ada peran dari pemerintah daerah dan masyarakat dalam mendukung UMKM lokal.

“Saya kalau sedang kunjungan ke daerah-daerah untuk tugas dinas, saya selalu pakai batik, dan bawa oleh-oleh kopi. Dan juga kalau sedang di Muara Enim bawa oleh-oleh makanan khas yang ada. Selain saya memakai sendiri juga untuk ikut mempromosikannya,”kata Lia.

Selain itu, pemerintah daerah juga diharapkan agar bisa memberikan pandampingan kepada pelaku UMKM dengan memanfaatkan potensi ekonomi digital sehingga kemampuan dalam memasarkan produk secara online bisa meningkat.

“Sekarang ini mobilitas masyarakat di batasi, sehingga para pelaku UMKM bisa memanfaatkan ekonomi digital untuk memasarkan produknya. Dengan demikian sasaran pemasaran produk lebih luas, tidak menutup kemungkinan orang dari luar Kabupaten Muara Enim bisa membelinya,”pungkas anggota DPRD Provinsi Sumsel Komisi 1 Lia Anggraini SH.(res)

spot_img
spot_img

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img

Artikel Terbaru

spot_img
spot_img
spot_img