28.1 C
Palembang
Saturday, 22 June 2024
spot_img
spot_img
KesehatanRayakan Kemerdekaan di TPA, WCD Muara Enim Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan

Rayakan Kemerdekaan di TPA, WCD Muara Enim Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan

Baca juga

RD Sukmana
RD Sukmanahttps://pojoksumsel.com
RD Sukmana merupakan wartawan senior yang lebih suka menyebut dirinya seniman kata-kata daripada wartawan, karena baginya wartawan memiliki filosofi yang sangat luhur.

MUARAENIM,POJOKSUMSEL – Bangkitkan semangat jaga kebersihan lingkungan dan peduli terhadap pengelolaan sampah, Gerakan World Cleanup Day Muara Enim gelar upacara peringatan HUT RI ke-76 Tahun di TPA Bukit Kancil, Muara Enim (17/8/2021).

Tim gerakan bersih bersih dunia ini mengadakan serangkaian proses upacara meski hanya dengan 5 orang. Kegiatan ini dilakukan secara berurut dengan pembacaan teks proklamasi, pembacaan pembukaan UUD 1945, pembacaan teks pancasila dan pembacaan doa bersama bagi kebaikan bangsa.

Bendera merah putih dikaitkan dan dikibarkan di alat berat yang berlokasi tepat diantara gunung sampah TPA Bukit Kancil. Kegiatan ini dilakukan dengan inisiatif pemuda WCD Muara Enim untuk kembali menggalakkan dan mengajak masyarakat untuk dapat lebih bijak dalam mengelola sampah.

Leader WCD Muara Enim, Derry Pangestu Ramadhan menyampaikan bahwa upaya ini bertujuan untuk mengajak banyak orang lebih peduli dengan keberadaan sampah yang makin menggunung di TPA Bukit Kancil Muara Enim.

“Ini adalah inisiatif Gerakan WCD Muara Enim untuk bisa mengetuk pintu hati dan membuka mata banyak orang bahwa keberadaan sampah kita sudah menggunung,” ujar Derrry.

Ia juga menambahkan, langkah ini diambil untuk menggerakkan masyarakat agar mampu lebih bijak dalam mengelola sampah.

“Kami juga mengajak masyarakat untuk bisa lebih bijak mengelola sampah sebelum benar-benar dibuang. Bahkan, jika bisa sampah itu berakhir di rumah, bukan di TPA,” tambah pria yang juga dinobatkan sebagai pemuda pelopor ini.

Pak Ruslaini, Penjaga TPA Bukit Kancil juga berharap agar pemerintah dapat membuat regulasi untuk mengarahkan agar ada pengelolaan lebih lanjut terhadap sampah plastik.

“Saya berharap, dari pihak pemerintah juga mendatangkan ahli di bidangnya agar sampah plastik kira bisa dikelola dan dapat menghasilkan keuntungan bagi aktor di lapangan,” harapnya.

Kegiatan ini diinisiasi oleh WCD Muara Enim yang juga tergabung dalam WCD Sumatera Selatan, WCD Indonesia bahkan WCD Global yang melibatkan 180 negara dalam aksi bersih-bersih pada 18 September mendatang.(der)

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru