25.1 C
Palembang
Sunday, 14 April 2024
spot_img
spot_img
NewsBisnisBukit Asam Kembali Raih PROPER Emas

Bukit Asam Kembali Raih PROPER Emas

Baca juga

Jakarta, Pojoksumael.com – PT Bukit Asam Tbk menorehkan prestasi gemilang dengan meraih kategori Emas dalam Anugerah Lingkungan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) Tahun 2021. Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin dengan didampingi Menteri  Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya kepada Direktur Utama Bukit Asam, Arsal Ismail di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Selasa (28/12/2021).

PROPER Emas merupakan penghargaan tertinggi yang dianugerahkan kepada perusahaan yang terbukti menerapkan sistem manajemen  lingkungan  yang  baik meliputi penerapan efisiensi energi, penurunan emisi, efisiensi air dan penurunan beban pencemaran air, pengurangan dan pemanfaatan limbah B3, pengurangan dan pemanfaatan limbah non B3, serta perlindungan keakenaragaman hayati.

Tidak hanya aspek manajemen lingkungan, PROPER juga menyoroti upaya pemberdayaan masyarakat, tanggap bencana, dan inovasi sosial yang telah diterapkan perusahaan.

Direktur Utama Bukit Asam Arsal Ismail menegaskan bahwa PROPER Emas yang diraih adalah bukti kinerja seluruh insan Bukit Asam yang terus berkontribusi dan bekerja optimal untuk mewujudkan pengelolaan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.

Dalam ajang PROPER 2021 yang bertajuk “PROPER : Inovasi Sosial untuk Indonesia Maju” tersebut, Bukit Asam meraih kategori Emas untuk Pelabuhan Tarahan. Adapun inovasi-inovasi yang dilaksanakan oleh Bukit Asam Pelabuhan Tarahan di antaranya:

  1. Efisiensi energi melalui re-enginering sudut belt plough chute dengan penurunan pemakaian energi sebesar 1.225.869 kWh atau setara 4.416GjouIe
  2. Efisiensi air melalui pengurangan air operasional dengan modifikasi tipe water spray menjadi water mist. Penurunan pemakaian air bersih sebesar 338 m3.
  3. I mplementasi metode stop and go dalam operasional pembongkaran batu bara dengan penurunan emisi setara 68 tonCO2e
  4. Pengurangan limbah oli bekas sebesar 2.88 ton dan pemanfataan limbah non B3 anorganik sebesar 2,75 ton
  5. Penangkaran satwa langka burung jalak bali dengan kontribusi penangkaran satwa langka sebesar 4%
  6. Inovasi “Bamboo for Life” yang mencakup program tusuk sate dan penanaman bambu, produk turunan cuka bambu, pemanfaatan limbah karet bender berbasis CSV, hingga central market “Pasar Kampoeng SI OKE”.

Selain kategori Emas, Bukit Asam jupa berhasil meraih penpharpaan PROPER kategori Hijau untuk Unit Pertambanpan Tanjunp Enim melalui sejumlah lanpkah efisiensi seperti program elektrifikasi, penpuranpan limbah oli bekas, dan penppunaan kembali air dari tambanp untuk pembersihan Noa/ handling facility (CHF).

Tidak hanya itu, Dermapa Kertapati turut pula menyumbanpkan penpharpaan PROPER katepori Hijau untuk sejumlah program efisiensi, di antaranya perbaikan capsitor L›ank, extend oil trafo, dan perbaikan instalasi jalur pipa air

Dengan berbagai program yang dilakukan serta apresiasi dari Pemerintah Republik Indonesia kepada Bukit Asam melalui PROPER, tentunya hal ini kian memotivasi Bukit Asam untuk terus memberikan kontribusi terbaik bagi Indonesia. Bukit Asam berkomitmen untuk terus tumbuh dan berkembang bersama masyarakat sekitar, membangun hubungan yang harmonis di tengah-tengah lingkungan yang  lestari, serta memberi manfaat seluas-luasnya kepada pemangku kepentingan. (Ril)

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru