27.1 C
Palembang
Tuesday, 16 April 2024
spot_img
spot_img
SUMSELMuara EnimPj Sekda: TMMD Bermanfaat Bagi Kemajuan & Kesejahteraan Masyarakat

Pj Sekda: TMMD Bermanfaat Bagi Kemajuan & Kesejahteraan Masyarakat

Baca juga

RD Sukmana
RD Sukmanahttps://pojoksumsel.com
RD Sukmana merupakan wartawan senior yang lebih suka menyebut dirinya seniman kata-kata daripada wartawan, karena baginya wartawan memiliki filosofi yang sangat luhur.

PojokSumsel.com – Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) memiliki manfaat sangat luar biasa bagi kemajuan suatu daerah dan kesejahteraan masyarakat. Hal ini diungkapkan Penjabat (Pj.) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muara Enim, Emran Tabrani saat membuka kegiatan TMMD ke-113 Tahun Anggaran 2022 Kodim 0404/Muara Enim di Desa Ujan Mas Baru, Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Muara Enim, Rabu pagi (11/05).

Dalam acara pembukaan yang berlangsung di Aula Bina Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Muara Enim, Emran Tabrani yang mewakili Bupati Muara Enim menyambut baik kegiatan ini. Ia mengapresiasi kegiatan TMMD ke-106 pada 2019 di Desa Beringin, Kecamatan Lubai yang banyak memberikan dampak positif, khususnya bagi masyarakat Desa Beringin dan sekitarnya. Kegiatan TMMD tersebut telah menyelesaikan bedah rumah warga tak layak huni, pembangunan jembatan penghubung dan pembuatan jalan serta penyuluhan baik terkait Kamtibmas maupun hal penting lainnya.

“Kegiatan TMMD bukan hanya sekadar kegiatan seremonial semata,” tegasnya. “Maka tentunya pada kegiatan TMMD kali ini kita berharap akan dapat pula memberikan dampak yang sama bagi Desa Ujan Mas Baru, Kecamatan Ujan Mas. Oleh itu kami mengucapkan terima kasih kepada TNI, khususnya Kodim 0404 Muara Enim atas kembali diselenggarakannya TMMD di Kabupaten Muara Enim ini,” Pj. Sekda menambahkan.

Pj. Sekda menerangkan, TMMD merupakan wujud kerja sama, sinergitas dan dukungan lintas sektoral, khususnya Kodim 0404/Muara Enim dengan pemerintah daerah dalam mewujudkan pembangunan di Kabupaten Muara Enim. “Pembangunan suatu daerah tidak dapat terwujud jika hanya bertumpu pada pemerintah tanpa adanya dukungan dari pemangku kepentingan lainnya,” ujar Emran Tabrani.

“Saya-pun menghimbau kepada masyarakat dan juga tentunya Perangkat Daerah terkait agar bahu-membahu turut menyukseskan kegiatan ini. Mari kita doakan bersama agar TMMD ke-113 ini berjalan lancar, tepat guna dan tepat sasaran sehingga memberikan manfaat besar bagi masyarakat di Desa Ujan Mas Baru,” harap Pj. Sekda.

Sementara dalam paparannya, Komandan Kodim (Dandim) 0404/Muara Enim, Letkol Arh. Rimba Anwar, S.I.P., M.I.P. mengatakan, kegiatan TMMD ke-133 Kodim Muara Enim telah melaksanakan pra-TMMD kurang lebih tiga minggu sebelumnya, yakni sejak 9 April 2022.

Kegiatan di Desa Ujan Mas Baru menyasar pembukaan jalan desa sepanjang 2.200 meter dengan lebar jalan 6 meter, pembuatan plat deker 4 unit, pembuatan TPA 1 unit, bedah rumah 5 unit, pembuatan pos kamling 4 unit dan sasaran non fisik sebanyak 9 item. “Praktik pelaksanaan dari 11 Mei sampai 9 Juni 2022. Sementara untuk laporan kemajuan pekerjaan fisik, yaitu pembukaan jalan, bedah rumah, TPB dan pos kamling sudah mencapai 80 persen, 64 persen dan 59 persen,” papar Dandim.

Terpantau dalam pembukaan tersebut, Komandan Kodim 0404/Muara Enim, Letnan Kolonel Arh Rimba Anwar, Forkopimda Kabupaten Muara Enim, para Staf Ahli, Asisten dan Kepala Dinas/ Badan/ Bagian Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Camat Ujan Mas beserta jajaran, Kepala Desa Ujan Mas Baru beserta perangkat desa, para tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Desa Ujan Mas Baru serta para prajurit TNI Kodim 0404/Muara Enim.

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru