28.8 C
Palembang
Saturday, 27 July 2024
spot_img
spot_img
NewsRumah Adat Tunggu Tubang Wakili Muara Enim di Festival Anjungan Sumsel

Rumah Adat Tunggu Tubang Wakili Muara Enim di Festival Anjungan Sumsel

Baca juga

RD Sukmana
RD Sukmanahttps://pojoksumsel.com
RD Sukmana merupakan wartawan senior yang lebih suka menyebut dirinya seniman kata-kata daripada wartawan, karena baginya wartawan memiliki filosofi yang sangat luhur.

PojokSumsel.com – Rumah Adat Tunggu Tubang hadir mewakili Kabupaten Muara Enim di Festival Anjungan Sumatera Selatan 2022 yang digelar di kawasan Dekranasda Jakabaring, Palembang selama dua hari, 23-24 Juni 2022.

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H. Herman Deru yang meresmikan festival ini mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi Sumsel mempertahakan warisan leluhur dengan memperkenalkan kepada masyarakat identitas anjungan rumah adat masing-masing daerah yang ada di Sumsel.

Pelaksana Harian (Plh.) Bupati Muara Enim, Kurniawan didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim, Nurmala Sari menyempatkan diri untuk hadir dalam acara ini untuk memperkenalkan rumah adat atau anjungan Tunggu Tubang yang nantinya panitia penyelenggara akan menilai dan memilih anjungan rumah adat favorit pada festival ini.

Sebagai kepala kepala daerah, Plh. Bupati didampingi Pj. Sekretaris Daerah Kabupate. Muara Enim, Emran Tabrani sangat menyambut baik kegiatan yang diinisiasi oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumsel ini.

Ia mengatakan, Festival Anjungan Rumah Adat merupakan bentuk upaya bersama dalam mempertahankan warisan leluhur yang kaya akan nilai-nilai sejarah dan baik untuk diperkenalkan kepada masyarakat luas sebagai objek unggulan wisata daerah.”Saya berharap melalui festival ini Kabupaten Muara Enim akan semakin dikenal oleh masyarakat luas  melalui kearifan lokal dan wisata alamnyam,” ujar Kurniawan.

Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim, Nurmala Sari dengan sigap menjelaskan secara detil nilai sejarah dan keragaman kuliner yang dimiliki masyarakat Bumi Serasan Sekundang di hadapan para dewan juri yang dipimpin oleh Wakil Ketua TP PKK Provinsi Sumsel, Hj. Fauziah Mawardi Yahya saat dewan juri mengunjungi Rumat Adat Tunggu Tubang.

Nurmala Sari menuturkan, sebagai salah satu daerah yang kaya akan adat istiadat dan warisan budaya yang beragam, Kabupaten Muara Enim siap berkontribusi membangkitkan dan mengembangkan sektor pariwisata untuk meningkatkan perekonomian masyarakat daerah, khususnya di Sumatera Selatan.

 

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru