27.1 C
Palembang
Wednesday, 28 February 2024
spot_img
SUMSELMuara EnimBawaslu Muara Enim Gelar Rakor Sentra Gakkumdu Pemilu 2024

Bawaslu Muara Enim Gelar Rakor Sentra Gakkumdu Pemilu 2024

Baca juga

Muara Enim, Pojoksumsel.com – Guna menyamakan pemahaman terkait tugas-tugas penanganan pelanggaran pada pemilu dan pilkada khususnya terkait pidana pemilu, Bawaslu Kabupaten Muara Enim menggelar rapat koordinasi Sentra Penegakan Hukum Terpadu (sentra Gakkumdu) Pemilu 2024, Kamis (18/11/2022) bertempat di Hotel Grand Zuri Muara Enim.

Rakor yang digelar selama dua hari ini juga dihadiri dan di buka langsung oleh ketua Bawaslu Muara Enim Suprayitno, S.Hi serta dihadiri Pokja sentra Gakkumdu Muara Enim serta komisioner Panwaslu Kecamatan se-kabupaten Muara Enim.

Ketua Bawaslu Muaraenim, Suprayitno ditemui pada sela aktivitas mengatakan, Rakor ini juga sebagai sarana buat menjalin sinergitas antar forum yang tergabung pada sentra Gakkumdu.

Dijelaskannya, sesuai Perbawaslu nomor 31 Tahun 2018, Pokja pusat Gakkumdu berisi tiga forum yaitu Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan.

Dirinya memaparkan, pelanggaran yang masuk ranah Gakkumdu itu terkait pelanggaran pidana pemilu, sementara pelanggaran kode etik ke DKPP serta administrasi masuk ke instansi lainnya.

“eksistensi pusat Gakkumdu ini guna mengawal jalannya demokrasi dan menjadi lembaga penegak keadilan khusus tindak pidana pemilu,” tukasnya Suprayitno.

Rapat Koordinasi itu diisi penyampaian materi perwakilan kepolisian yakni Kasat Reskrim Polres Muaraenim AKP Tony Saputra dan perwakilan Kejaksaan yakni Kasi Pidum Kejari Muaraenim Alex akbar.

Dalam Rakor ini, turut hadir dan mendampingi Komisioner Bawaslu Nila Ahrani, S.Pd, dan Koordinator Sekretariat Dra. Isnayeni, M.Si. beserta tim sentra Gakkumdu Muara Enim.

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Artikel Terbaru