34.1 C
Palembang
Monday, 25 September 2023
spot_img
NewsNasionalKementerian ATR/BPN Berkontribusi pada Bendungan Sadawarna

Kementerian ATR/BPN Berkontribusi pada Bendungan Sadawarna

Baca juga

RD Sukmana
RD Sukmanahttps://pojoksumsel.com
RD Sukmana merupakan wartawan senior yang lebih suka menyebut dirinya seniman kata-kata daripada wartawan, karena baginya wartawan memiliki filosofi yang sangat luhur.

PojokSumsel.com – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) berkontribusi dalam melaksanakan pengadaan tanah untuk menunjang pembangunan Bendungan Sadawarna yang memiliki luas genangan 681 hektar. Dengan manfaat utamanya, yakni untuk menyuplai irigasi lahan pertanian seluas 4.284 hektar, yang terbagi di Kabupaten Subang sebesar 2.517 hektar dan Kabupaten Indramayu sebesar 1.767 hektar, sehingga akan meningkatkan intensitas tanam.

Menteri ATR/KBPN, Hadi Tjahjanto mendampingi Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) dalam peresmian Bendungan Sadawarna yang terletak di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, pada Selasa (27/12). Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan jika Bendungan Sadawarna adalah bendungan ke-33 yang diresmikan dalam era pemerintahannya.

Lebih lanjut, Jokowi menuturkan, petani sekitar bisa meningkatkan jumlah masa panen dari yang awalnya satu kali menjadi tiga kali dengan skema tanam padi-padi-palawija. Dengan diresmikannya Bendungan Sadawarna, ditargetkan pula produksi padi di Indramayu bisa meningkat dari 1,3 juta ton menjadi 1,8 juta ton.

Presiden RI berharap, dengan banyaknya waduk yang telah dibangun di seluruh tanah air, produktivitas padi utamanya serta komoditas hortikultura dan lain-lain bisa naik. Imbasnya, ketahanan dan kemandirian pangan akan semakin baik.

Hadir pula dalam peresmian Bendungan Sadawarna, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono; Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil; Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir; serta jajaran Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum.

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Artikel Terbaru