32.1 C
Palembang
Saturday, 23 March 2024
spot_img
SUMSELBanyuasinPemkab Banyuasin Salurkan Rp3,6 Miliar BLT BBM kepada 4.698 KPM

Pemkab Banyuasin Salurkan Rp3,6 Miliar BLT BBM kepada 4.698 KPM

Baca juga

RD Sukmana
RD Sukmanahttps://pojoksumsel.com
RD Sukmana merupakan wartawan senior yang lebih suka menyebut dirinya seniman kata-kata daripada wartawan, karena baginya wartawan memiliki filosofi yang sangat luhur.

PojokSumsel.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin telah merealisasikan bantuan perlindungan sosial bagi masyarakat yang terkena dampak kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) periode Oktober-Desember 2022 berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022 kepada 333 lansia, bantuan subsidi serta transportasi kepada 565 pengemudi, bantuan penciptaan lapangan kerja kepada 2.160 pedagang, UKM dan IKM serta bantuan perlindungan sosial lainnya kepada 1.640 nelayan dengan total penerima sebanyak 4.698 keluarga penerima manfaat (KPM).

Pelaksanaan BLT BBM ini berdasarkan Surat dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumatera Selatan Nomor: S-1371/WPB.07/2022 perihal Himbauan Amplifikasi Informasi dan Publikasi terkait Pemberian Bantalan Sosial Tambahan melalui Pengalihan Subsidi Pemerintah pada BBM. Pemkab Banyuasin menyampaikan informasi terkait mekanisme penyaluran bantuan dampak kenaikan BBM, Selasa (27/12).

Penyaluran BLT BBM APBD bertujuan agar masyarakat yang terdampak akibat inflasi di bidang energi dapat terbantu serta uang negara dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang membutuhkan. Target sasaran diberikan kepada pelaku UMKM, pedagang, nelayan dan lansia baik bantuan melalui rekening atau diberikan langsung kepada penerima.

Bantuan ini disampaikan kepada penerima yang ada di beberapa kecamatan atau terdaftar dalam data penerima bantuan, data diperoleh dari update data Dinas terkait yakni Dinas Sosial Kabupaten Banyuasin, Dinas Perhubungan Kabupaten Banyuasin, Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah dan Perdagangan Kabupaten Banyuasin dan Dinas Perikanan Kabupaten Banyuasin. Data itu sendiri didapatkan dengan cara melihat langsung atau survey langsung kepada masyarakat yang terkena dampak agar pemberian bantuan tepat sasaran dan dapat dipertanggung jawabkan.

Bupati Banyuasin, H. Askolani, SH., MH menyampaikan kepada dinas terkait untuk segera menyelesaikan pemberian bantuan dampak kenaikan BBM apabila masih ada kendala dalam penyaluran dan tentu Pemkab Banyuasin mengawasi dalam penyaluran bantuan ini kepada pihak yang benar-benar berhak menerima bantuan.

Askolani berharap kepada Keluarga Penerima Manfaat BLT BBM Kabupaten Banyuasin Tahun 2022 ini dapat meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Artikel Terbaru