26.1 C
Palembang
Thursday, 25 July 2024
spot_img
spot_img
SUMSELMuara EnimJuarsah Meminta PTBA Jauhkan Disposal Dari Pemukiman Warga Tegalrejo

Juarsah Meminta PTBA Jauhkan Disposal Dari Pemukiman Warga Tegalrejo

Baca juga

MUARA ENIM, POJOKSUMSEL – Banjir yang terjadi pagi tadi (05/05) di desa tegal rejo rt 14, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim mengakibatkan beberapa rumah warga terendam banjir.

Menurut keterangan Ketua RT setempat, banjir ini sudah berlangsung selama 1 pekan, terhitung sudah 3 kali luapan air yang berasal dari hulu sungai galian tambang terjadi, dan terparah terjadi pada kemarin malam (04/05) air sampai masuk ke rumah warga, menurutnya banjir ini bisa terjadi dikarenakan longsornya tanah timbunan PT. Bukit Asam dikarenakan debit hujan yang tinggi tadi malam, mengakibatkan tanah timbunan tersebut turun ke sungai, akibatnya air meluap dikarenakan tanah yang longsor tersebut. Lebih kurang ada 30 KK yang berada di RT 14 Tegal Rejo ini yang terkena dampak.

Plt. Bupati Muara Enim, H. Juarsah, SH mendengar laporan masyarakat terjadinya banjir di desa tegal rejo, langsung bergerak cepat meninjau lokasi. Dalam arahannya Plt. Bupati Muara Enim meminta perusahaan terkait khusnya untuk PT. Bukit Asam untuk segera menyelesaikan permasalahan ini, jangan sampai ada masyarakat yang dirugikan karena longsornya tanah galian ini mengakibatkan air masuk ke rumah warga.

Plt. Bupati Muara Enim meminta kepada pihak perusahaan untuk segera menjauhkan disposal lebih jauh lagi minimal sepadan sungai, 50-100m, demi menjaga aliran sungai ini.

Plt. Bupati Muara Enim dengan tegas mengatakan kepada pihak perusahaan untuk bertanggung jawab kepada masyarakat yang terkena musibah hari ini, baik secara sosial, moral, dan yang lainnya harus dipenuhi.

Camat Lawang Kidul, Drs. Rahmat Noviar, M.Si mengatakan sewaktu wawancara kepada media, bahwa sudah ada mediasi dari pihak perusahaan, khusnya untuk relokasi warga dan pergeseran disposal.

Turut hadir Anggota DPRD Kabupaten Muara Enim, Dwi Windarti, SH, MH. OPD Lingkup Pemkab Muara Enim, hadir juga Forkopimcam Lawang Kidul, Manajemen PT. Bukit Asam.

Artikel lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru